Kompas.com - 24/09/2013, 22:03 WIB
Bek kiri Southampton, Luke Shaw. Dok. SouthamptonBek kiri Southampton, Luke Shaw.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Southampton tak henti-hentinya mengorbitkan para pemain muda berbakat. Setelah pernah membina Matthew Le Tissier, Gareth Bale, dan Alex Oxlade-Chamberlain, The Saints kini sudah mulai memperkenalkan Luke Shaw ke kancah sepak bola profesional.

Shaw masih berusia belia, yakni 18 tahun. Namun, ia sudah menjadi bagian pemain inti Southampton sejak pertengahan musim lalu. Untuk pemain seusianya, tampil sebanyak 33 kali untuk klub jelas mewakili kualitas permainan yang dimiliki.

Cerita Shaw di Southampton dimulai ketika ia berusia delapan tahun. Bertahun-tahun menimba ilmu di akademi Soton, Shaw selalu menunjukkan permainan memikat sebagai bek sayap kiri.

Pada usia 15 tahun, Shaw bahkan sudah tampil sebagai pemain inti bersama Soton di kompetisi usia di bawah 18 tahun. Kariernya terus menanjak dan Shaw juga dipanggil tim nasional Inggris U-16 dan U-17 dalam rentan waktu dua tahun dan sekarang sudah membela timnas Inggris U-21 pada usianya yang baru 18 tahun.

Mirip Bale

Di Southampton, Shaw terus dikaitkan dengan mantan pemain klub tersebut, Bale, yang hijrah ke Tottenham Hotspur pada 2007. Kebetulan, Shaw juga bermain di bek kiri, posisi awal Bale ketika berkarier sebagai pemain profesional.

Gaya bermain Shaw begitu impresif. Kemampuannya naik membantu serangan dari sisi kiri menjadi senjata ampuh Shaw. Ia juga memiliki teknik di atas rata-rata untuk ukuran pemain Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mantan manajer Southampton, Nigel Adkins, musim lalu pernah memuji tinggi kualitas Shaw. "Luke Shaw merupakan bagian dari rencana masa depan kami," ujar Adkins yang kala itu masih menjabat manajer Soton.

Rekan setim Shaw di Southampton, Jack Cork, berani berucap bila Shaw merupakan calon pendepak Ashley Cole di timnas Inggris senior. "Luke Shaw bisa menggantikan posisi Ashley Cole di Inggris," kata Cork.

Tercium klub besar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.