Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jacksen: Ini Cita-cita Saya untuk Papua

Kompas.com - 22/09/2013, 00:30 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Ferreira Tiago, mengaku senang dengan kesuksesan skuadnya meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2012-13. Menurut Jacksen, pencapaian tersebut merupakan cita-citanya untuk masyarakat Papua.

Pernyataan itu diungkapkan Jacksen seusai membawa Persipura menang 2-0 atas All Star ISL di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (21/9/2013). Sepasang gol kemenangan skuad Mutiara Hitam dikreasi oleh Boaz Solossa pada menit ke-80 dan Gerald Pangkali (86).

"Ini momen yang luar biasa bagi kami semua. Selama lima tahun boleh dikatakan kami cukup sukses dengan tiga gelar juara dan dua kali runner-up. Tapi, di musim ini bisa dikatakan sempurna karena semua gelar juara bisa kami raih," ucap Jacksen di Jayapura, Sabtu malam.

Persipura memastikan gelar juara ISL 2012-13 dengan perolehan poin 82 dari total 34 pertandingan. Ini adalah gelar keempat skuad Mutiara Hitam karena sebelumnya menjadi juara pada musim 2004-2005, 2008-09, dan 2010-11.

Kesuksesan Persipura juga diikuti dengan berhasilnya beberapa pemainnya meraih sejumlah penghargaan individual, seperti Boaz yang didaulat menjadi pemain terbaik dan kiper Yoo Jae Hoon menjadi kiper terbaik sepanjang musim ini.

"Buat saya pribadi, yang paling penting dari semua gelar itu adalah gelar tim fair play. Karena gelar fair play itu menunjukkan pribadi sebuah tim sepanjang satu musim. Musim kemarin kami banyak kritik karena tingkah laku kami di lapangan. Tapi, musim ini kami bisa membalikkan keadaan. Buat saya, itu sudah jadi hal yang luar biasa," ungkapnya.

Sementara terkait dengan gelar pelatih terbaik yang juga berhasil diraihnya, Jacksen pun mengaku cukup senang. Pelatih berkebangsaan Brasil tersebut mengaku menjadi pelatih terbaik merupakan salah satu motivasinya terjun ke dunia sepak bola Indonesia.

"Saya selalu bilang sama anak-anak, dari pertama kali saya injakkan kaki di sini, kita semua bikin class room, di mana kita tancapkan cita-cita semua. Saya bilang cita-cita saya adalah berbuat sesuatu di Papua," tukas Jacksen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com