"Tak Ada Lagi Tim Jerman di Final Liga Champions"

Kompas.com - 19/09/2013, 00:39 WIB
Gelandang Bayern Muenchen, Bastian Schweinsteiger, mengangkat trofi Liga Champions yang diraih timnya. AFP/ALEXANDER HASSENSTEINGelandang Bayern Muenchen, Bastian Schweinsteiger, mengangkat trofi Liga Champions yang diraih timnya.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MUENCHEN, KOMPAS.com — Mantan pemain Bayern Muenchen, Stefan Effenberg, meragukan kapabilitas Die Roten dan Borussia Dortmund menjuarai gelar Liga Champions pada musim ini. Effenberg berpendapat, Real Madrid, Barcelona, atau Manchester United yang justru berpeluang besar mengangkat piala si kuping lebar.

Bayern menjuarai Liga Champions 2012-2013 setelah mengalahkan Borussia Dortmund di final. Arjen Robben dan kawan-kawan pun mengawali langkahnya dengan hasil cukup baik dalam mempertahankan gelar juara. Tim besutan Josep Guardiola tersebut berhasil mengalahkan CSKA Moskwa 3-0, Selasa atau Rabu (18/9/2013) WIB. Sementara itu, Dortmund akan ditantang Napoli, Rabu atau Kamis (19/9/2013) dini hari WIB.

"Saya tidak yakin Bayern bisa mempertahankan gelar juara mereka pada musim ini. Saya juga tidak melihat bahwa Dortmund akan bermain di final. Tim seperti Barcelona, Real Madrid, dan Manchester United adalah ancaman terbesar yang saya pikir sampai di sana (final) sebagai gantinya," ungkap Effenberg kepada Hamburger Morgenspost.

Dalam kesempatan itu, Effenberg juga mengemukakan pendapatnya soal transfer Gareth Bale dan Mesut Oezil. Bale didatangkan Madrid dari Tottenham Hotspur dengan nilai transfer 100 juta euro yang membuat pemain asal Wales tersebut sebagai pemain termahal dunia.

Adapun Oezil menjadi pemain termahal Arsenal sepanjang sejarah klub asal London tersebut. The Gunners harus mengucurkan dana sebesar 43 juta poundsterling untuk memboyong pemain asal Jerman tersebut dari Madrid.

"Transfer 100 juta euro adalah gila. Saya merasa kasihan dengan anak itu karena (nilai transfer itu) hampir mustahil membenarkan harga tersebut. Terkadang kesenangan hilang dalam sepak bola," ulas Effenberg.

"Dengan Oezil, saya bisa melihat mengapa Madrid melepasnya. Intinya ia adalah pemain luar biasa yang bisa bersinar di Inggris," lanjutnya.  

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X