Kompas.com - 14/09/2013, 06:17 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com — Jelang pertemuan melawan Hamburg SV, Borussia Dortmund dililit kenangan pahit. Musim lalu skuad asuhan Juergen Klopp ini takluk 1-4 dari Rafael van der Vaart dkk di kandang sendiri. Wajar jika kali ini mereka ingin membalas kekalahan tersebut. Pun demikian, laga yang berlangsung pada Sabtu (14/9/2013) di Signal Iduna Park tersebut pun punya makna lain.

Di kancah Bundesliga, Dortmund kini tengah di atas angin. Mereka meraup poin sempurna 12 dari empat pertandingan. Empat pemain mereka, yaitu Pierre-Emerick Aubameyang, Jonas Hofmann, Marco Reus, dan Henrikh Mkhitaryan, bergantian dinobatkan sebagai pemain terbaik Bundesliga per pekan. Bersua dengan Hamburg, Dortmund tentu tak ingin goyah. Apalagi pesaing terdekat, Bayern Muenchen, akan siap mengintai jika mereka limbung.

"Kami sudah jauh berkembang dari musim lalu. Kami sudah bisa menyeimbangkan komitmen, tetapi harus tetap membangun kembali momentum sebelum jeda internasional," kata pelatih Dortmund Juergen Klopp.

Pihak Hamburg sendiri pun sudah menyadari bahwa mereka berhadapan dengan lawan yang tak mudah. Pelatih Torsten Fink pun mengaku sudah melupakan kemenangan 4-1 musim lalu, meski masih menyimpan asa menyandung langkah Die Borussen.

"Kami menghadapi tantangan besar. Kami harus berjuang habis-habisan jika ingin menang. Aku sendiri tak sabar menghadapi pertandingan ini. Atmosfernya selalu fantastis, dan kami ingin jadi tim pertama yang mencuri poin dari mereka," kata Fink.

Keinginan menghapus kenangan buruk tahun lalu serta memperpanjang tren positif awal musim akan menjadi motivasi lebih untuk Dortmund. Apalagi mereka bermain di kandang sendiri, yang sudah terkenal dengan atmosfer mengerikan bagi lawan-lawan mereka. Tetapi, seperti peringatan Klopp di atas, gagal membangun momentum, bukan tak mungkin hasil musim lalu bisa terulang.


Siaran langsung

Kompas TV, Sabtu (14/9/2013), 23.00 WIB

Perkiraan susunan pemain

Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller - Kevin Grosskreutz, Neven Subotic, Mats Hummels, Marcel Schmelzer - Sven Bender, Nuri Sahin - Pierre-Emerick Aubameyang, Henrikh Mkhitaryan, Marco Reus - Robert Lewandowski

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.