Kompas.com - 13/09/2013, 13:10 WIB
Suporter fanatik Arema, Aremania. AREMA.COMSuporter fanatik Arema, Aremania.
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Liga Indonesia selaku operator Indonesia Super League (ISL) melakukan pengurangan tiga poin terhadap Arema Indonesia, dari 66 poin menjadi 63 poin, serta denda sebesar 5000  CHF. Keputusan ini berdasarkan surat PSSI nomor 1825/UDN/1017/IX-2013 tertanggal 10 September 2013 tentang implementasi Keputusan Komisi Disiplin FIFA serta circulars dari FIFA.

FIFA menjatuhkan hukuman kepada Singo Edan terkait permasalahan pemain atas nama Jean Landry Poulangoye (Perancis) pada musim 2009-2010. Saat itu, manajemen Arema mendepak pemain asal Perancis tersebut sebelum kontraknya berakhir karena penampilannya dinilai tak memuaskan. Tak terima dengan keputusan tersebut, Landry kemudian melapor kepada FIFA. FIFA baru mengambil keputusan ini tiga tahun kemudian.

PSSI sudah menjalankan keputusan dari FIFA tersebut. Setelah menang 1-2 dari Persidafon Dafonsoro, Rabu (11/9/2013), seharusnya, Arema mengantongi 66 poin. Namun, dalam situs web resmi PT LI, Arema baru mengantongi 63 poin. Arema pada laga terakhir akan menantang Persiram Raja Ampat.

"Kita memang harus mengimplementasikan hal ini. Sebagai konsekuensi PSSI tidak menjalankan hal tersebut, maka FIFA akan memberikan hukuman kepada Indonesia berupa tidak dapat ikut serta dalam seluruh kompetisi FIFA," jelas CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, seperti dilansir dari situs resmi Liga Indonesia, Jumat (13/9/2013).

PT LI juga mengingatkan Arema untuk segera melakukan pembayaran denda tersebut kepada FIFA. Seandainya tidak membayar, maka Arema bakal mendapatkan sanksi tambahan berupa degradasi ke tingkat kompetisi yang lebih rendah (Divisi Utama).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
BOLA INTERNASIONAL
Man City Vs West Ham - Atasi The Hammers, The Citizens Petik 3 Poin
Man City Vs West Ham -...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.