Kompas.com - 09/09/2013, 23:55 WIB
Penyerang anyar Chelsea, Samuel Eto'o. Dok. ChelseaPenyerang anyar Chelsea, Samuel Eto'o.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Striker Chelsea, Samuel Eto'o, mengatakan bahwa dirinya keluar dari tim nasional karena alasan keluarga setelah terlibat perselisihan dengan Pelatih Volker Finke selama seleksi. Padahal, dia punya andil besar dalam membantu Kamerun mencapai putaran final kualifikasi zona Afrika untuk Piala Dunia Brasil 2014.

Pemain berusia 32 tahun ini, yang juga mempunyai rencana pensiun dari sepak bola internasional pada September 2012 sebelum mengubah pikirannya, mengatakan hal tersebut kepada rekan-rekannya di ruang ganti setelah menang 1-0 atas Libya. Hal itu berarti Eto'o mengakhiri kariernya selama 16 tahun bersama timnas. Demikian menurut surat kabar Perancis L'Equipe.

Pengumuman tersebut terjadi seminggu setelah adanya ketegangan di kamp menyusul permintaan Eto'o agar kiper Carlos Kameni dan striker Achille Webo dipilih saat melawan Libya. Tetapi, pelatih asal Jerman tersebut menolaknya.

Eto'o, empat kali peraih African Footballer of the Year, mengakui dirinya tak fit untuk bermain karena cedera paha. Tetapi, dia justru mengenakan ban kapten sebelum diganti setelah bermain selama satu jam.

Kini, Kamerun tengah mempersiapkan laga play-off yang akan berlangsung dua leg pada Oktober dan November mendatang. Mereka masih menunggu siapa lawan di play-off untuk memperebutkan satu dari total lima tiket dari zona Afrika menuju putaran final Piala Dunia di Brasil.

Eto'o, yang menandatangani kontrak dengan Chelsea dari klub Rusia Anzhi Makhachkala pada bulan lalu, sudah mengemas 56 gol dari 114 penampilannya bersama Kamerun. Dia pun tampil di tiga Piala Dunia pada 1998, 2002, dan 2010.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.