Kompas.com - 07/09/2013, 23:47 WIB
Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman KOMPAS.com/Putra Prima PerdanaPelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BANDUNG, KOMPAS.com - Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman atau yang akrab disapa Djanur, mengaku pasrah dengan keputusan dan bentuk hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kepada oknum suporter Persija Jakarta jika nantinya terbukti melakukan ejekan berbau rasialis kepada salah satu pemain Persib, Parfait Mbida Messi.

"Saya serahkan semua sama Komdis. Komdis yang lebih tau hukumannya seperti apa," kata Djanur di Bandung, Sabtu (7/9/2013).

Menurut Djanur, Komdis seharusnya lebih peka dalam menangangi masalah-masalah rasialis seperti yang menimpa Messi. Komdis pun pasti lebih mengetahui hukuman seperti apa yang layak diberikan kepada suporter rasis. Pasalnya, di dunia Internasional pun ejekan rasial telah dianggap sebagai kejahatan.

"Karena bukan yang pertama, sudah banyak yang begini juga," imbuhnya.

Djanur pun mengimbau kepada Bobotoh Persib, agar tidak melakukan tindakan serupa. Dirinya yakin jika pendukung Persib lebih dewasa dan tidak pernah melakukan tindakan tidak terpuji berbau rasialisme.

"Kita imbau kepada bobotoh jangan saling balas membalas, karena itu perbuatan yang kurang bagus. Dampaknya juga pasti ke kita (Tim Persib). Selain di Indonesia, klub-klub elite Eropa pun pernah diberi sanksi cukup berat oleh FIFA karena ejekan rasial yang dilakukan oleh para pendukungnya," ungkap Djanur.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X