Kompas.com - 05/09/2013, 17:30 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal PSSI Djoko Driyono menegaskan, kemenangan walk out (wo) yang didapat Persis Solo atas PSS Sleman pada laga di Stadion Manahan, Solo, Rabu (4/9/2013), tidak sah. Penyebabnya, status Persis dianggap non-peserta putaran kedua Divisi Utama PT LPIS.

Status itu terjadi setelah Persis melakukan dua kali WO pada putaran pertama. Dalam sidangnya, Komisi Disiplin PSSI akhirnya memutuskan untuk mendiskualifikasi Persis bersama PSIS Semarang, Persemalra, Persowon Wondama, Persipon Pontianak, dan Persires.

"Setelah ditelusuri dari sisi administrasi, keputusan Komdis telah memutuskan Persis didiskualifikasi. Kami sudah menerbitkan surat penangguhan kompetisi agar disesuaikan klasemen, jadwal, peserta, dan sebagainya. Bisa dibilang, pertandingan itu sifatnya tidak sah dan tidak bisa dianggap sebagai pertandingan," ujar Djoko di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2013).

"PSSI akan menerbitkan surat kepada LPIS untuk meminta penjelasan kenapa pertandingan digelar, kenapa mengirim perangkat pertandingan, dan jadwal masih ada," lanjutnya.

Sekjen PSSI menambahkan, peristiwa yang terjadi di laga tersebut akan dibahas di level Komdis. Sebagaimana diketahui, terjadi kericuhan pada laga tersebut. Sedikitnya ada lima penonton yang menjadi korban. Tim PSS akhirnya memilih untuk tak melanjutkan pertandingan lantaran takut terjadi kejadian tidak terduga.

Pada babak pertama, penggawa PSS, Satrio Aji, mengalami pendarahan akibat terkena lemparan. "Pelanggaran disiplin yang muncul setelah ada laporan perangkat pertandingan dan panpel. Jadi, semua akan disidangkan oleh Komdis," tutup Djoko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.