Kasus Pajak, Messi "Titip" Rp 73 M ke Otoritas Spanyol

Kompas.com - 05/09/2013, 05:19 WIB
Bintang Barcelona, Lionel Messi, akan membuka beberapa kafe di Spanyol. AFP/KARIM JAAFARBintang Barcelona, Lionel Messi, akan membuka beberapa kafe di Spanyol.
|
EditorPalupi Annisa Auliani
MADRID, KOMPAS.com — Bintang klub sepak bola Barcelona, Lionel Messi, "menitipkan" 5 juta euro atau sekitar Rp 73 miliar kepada otoritas pajak Spanyol, berdasarkan laporan media setempat, Rabu (4/9/2013). Messi dan ayahnya, Jorge Messi, tengah berhadapan dengan tuduhan penggelapan pajak.

Media Spanyol mengutip putusan hakim di Gava, di dekat Barcelona, Spanyol, yang pada persidangan 14 Agustus 2013 memerintahkan ayah Messi "menitipkan" uang tersebut ke otoritas pajak. Jumlah tersebut setara dengan jumlah pajak yang dituduhkan tertunggak, berikut bunganya. Tunggakan pajak Messi dan ayahnya, diperkirakan senilai 4,1 juta euro, atau sekitar Rp 60 miliar.

AFP belum mendapatkan konfirmasi langsung dari pengadilan mengenai penyerahan uang tersebut. Messi dan ayahnya masih harus mengikuti persidangan pajak terkait dugaan penggelapan pajak itu, yang diperkirakan akan berlangsung pada bulan ini. Mereka telah mendapatkan perintah untuk hadir di persidangan.

Jaksa menuntut Messi dan ayahnya melakukan penggelapan pajak penghasilan dari penjualan gambar Messi selama 2006 sampai 2009. Pembayaran ini akan menghindarkan Messi dan ayahnya membayar uang jaminan. Sidang yang mengharuskan kehadiran Messi semula telah dijadwalkan pada 17 September 2013, tetapi bentrok jadwal dapat menyebabkan penundaan sidang itu.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X