Real Madrid, Klub Terboros di Transfer Musim Panas 2013

Kompas.com - 04/09/2013, 01:46 WIB
Gelandang Real Madrid Gareth Bale saat diperkenalkan kepada publik Santiago Bernabeu, Senin (2/9/2013). AFP / GERARD JULIENGelandang Real Madrid Gareth Bale saat diperkenalkan kepada publik Santiago Bernabeu, Senin (2/9/2013).
|
EditorTjatur Wiharyo

MADRID, KOMPAS.com — Real Madrid menjadi klub paling boros dalam hal belanja pemain pada bursa transfer musim panas 2013. Total pengeluaran Los Merengues mencapai 160 juta pounds atau sekitar Rp 2,7 triliun dan pemasukan dari penjualan pemain sekitar 100,7 juta pounds.

El Real mengeluarkan uang untuk memboyong delapan pemain baru, termasuk Gareth Bale yang didatangkan dari Tottenham Hotspur dengan harga 88 juta pounds. Madrid juga mengucurkan dana besar untuk memboyong Asier Illarramendi dari Real Sociedad dengan mahar 34,3 juta pounds.

Di sisi lain, Madrid melepas sembilan pemain. Mesut Oezil menjadi pemain termahal dilepas El Real. Pemain asal Jerman tersebut dilego dengan nilai transfer 44 juta pounds ke Arsenal.

AS Monaco berada di urutan kedua dalam daftar sepuluh klub terboros. Tim promosi Perancis tersebut mengeluarkan dana sebesar 146,2 juta pounds untuk membeli delapan pemain baru. Radamel Falcao yang diboyong dari Atletico Madrid merupakan pemain termahal yang dibeli Monaco pada bursa transfer musim panas ini. Nilai transfer Falcao mencapai 52,8 juta pounds.

Kebijakan transfer yang dilakuan Monaco ini tidak terlepas dari ambisi sang pemilik, Dmitry Rybolovlev. Pengusaha asal Rusia itu berniat membangun kekuatan sepak bola yang mampu bersaing, baik di tingkat Eropa maupun dunia.

Berikut sepuluh klub terboros pada bursa transfer musim panas:
Real Madrid - 160 juta pounds (sekitar Rp 2,75 triliun)
AS Monaco - 145 juta pounds (sekitar Rp 2,5 triliun)
Tottenham Hotspur - 105 juta pounds (sekitar Rp 1,8 triliun)
Manchester City - 100 juta pounds (sekitar Rp 1,7 triliun)
Paris Saint-Germain - 97,5 juta pounds (sekitar Rp 1,7 triliun)
Napoli - 76,5 juta pounds (sekitar Rp 1,3 triliun)
Chelsea - 68,5 juta pounds (sekitar Rp 1,2 triliun)
Barcelona - 61,5 juta pounds (sekitar Rp 1,05 triliun)
Dinamo Moskwa - 60 juta pounds (sekitar Rp 1,03 triliun)
Shakter Donetsk - 59 juta pounds (sekitar Rp 1,01 triliun)



Rekomendasi untuk anda
INTERNASIONAL
Ini Klub Pilihan Pele
Ini Klub Pilihan Pele
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X