Kompas.com - 03/09/2013, 16:53 WIB
Striker Tottenham Hotspur, Roberto Soldado (kiri), melakukan selebrasi bersama rekannya dari Brasil Paulinho (kanan) dan pemain Islandia, Gylfi Sigurosson, setelah dia mencetak gol tunggal ke gawang Crystal Palace, Minggu (18/8/2013), pada pekan pertama Premier League. AFP/GLYN KIRKStriker Tottenham Hotspur, Roberto Soldado (kiri), melakukan selebrasi bersama rekannya dari Brasil Paulinho (kanan) dan pemain Islandia, Gylfi Sigurosson, setelah dia mencetak gol tunggal ke gawang Crystal Palace, Minggu (18/8/2013), pada pekan pertama Premier League.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MANCHESTER, KOMPAS.com — Bursa transfer Premier League 2013-2014 resmi ditutup, Senin (2/9/2013) waktu setempat. Secara keseluruhan, Premier League adalah kompetisi paling aktif berbelanja pemain seandaianya dibandingkan dengan liga lainnya, seperti Liga BBVA, Serie-A, Bundesliga 1, dan Ligue 1.

Hal itu terlihat dari total transfer pemain yang mencapai 645 juta poundsterling dengan revenue hanya 222 juta poundsterling. Rata-rata, setiap klub menghabiskan dana 32,2 juta poundsterling untuk belanja pemain. 

Dari 20 tim, Tottenham Hotspur merupakan klub terboros dalam belanja pemain. Tim berjuluk ”LilyWhites” ini menghabiskan dana 107.250.000 poundsterling (Rp 1,88 triliun). Anggaran tersebut dihabiskan untuk memboyong Paulinho (17,3 juta poundsterling), Nacer Chadli (7,17 juta pounds), Roberto Soldado (26,4 juta pounds), Etienne Capoue (9,68 juta pounds), Erik Lamela (26,4 juta pounds), Vlad Chiriches (8,3 juta pounds), dan Christian Eriksen (11,8 juta pounds).

Pengeluaran Spurs tersebut tertutupi oleh keberhasilan mereka menjual Gareth Bale ke Real Madrid dengan harga 80 juta poundsterling. Nilai tersebut menjadikan Bale sebagai pemain termahal, mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Selain Bale, Spurs juga melego lima pemain. Total, pendapatan mereka mencapai 103,593,600 pounds. Dengan demikian, Spurs hanya rugi sekitar 3,656,400 pounds.   

Manchester City berada di urutan kedua soal belanja pemain. Total, pengeluaran City 102 juta pounds. Fernandinho merupakan pemain termahal City setelah berhasil didapatkan dari Shaktar Donetsk dengan harga 35,2 juta pounds.

Di sektor pendapatan, City hanya menerima 8,2 juta pounds dari penjualan Carlos Tevez (7,9) dan Jeremy Helan (358.000 pounds). Alhasil, City menjadi klub yang paling merugi. Kerugian mereka mencapai 93,8 juta pounds.   

Selain City, Chelsea juga tekor. ”The Blues” pada bursa transfer musim panas ini menghabiskan dana 68,5 juta pounds untuk memboyong delapan pemain. Sekitar 33,4 juta pounds digelontorkan Chelsea untuk memboyong Willian dari Anzhi. Sebaliknya, London Biru hanya menjual satu pemain, yakni Jeffrey Bruma, yang dilego ke PSV Eindhoven dengan harga 2,5 juta pounds.       
   
Lalu, klub mana yang meraup untung pada bursa transfer musim panas ini?

Everton menjadi klub paling surplus. ”The Toffees” hanya menghabiskan 23,1 juta untuk belanja pemain. Namun, mereka total menerima pendapatan sebesar 33,7 juta pounds dari penjualan Maroune Fellaini (28,5 juta pounds) dan Victor Anichebe (5,1 juta pounds).

Tidak hanya Everton yang meraup untung. Newcastle United pun memiliki rapor keuangan yang hijau. Mereka memilih tidak mendatangkan pemain dan hanya menjual satu pemain, yakni James Perch, yang dijual ke Wigan dengan harga 765.000 pounds.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.