Titisan Oezil yang Memilih Turki

Kompas.com - 01/09/2013, 06:18 WIB
Gelandang serang Hamburg SV, Hakan Calhanoglu. Dok. HSVGelandang serang Hamburg SV, Hakan Calhanoglu.
|
EditorOkky Herman Dilaga
HAMBURG, KOMPAS.com - Hamburg SV meraih kemenangan perdana di Bundesliga musim ini. Hamburg melibas klub promosi, Eintracht Braunschweig, dengan skor 4-0, Sabtu (31/8/2013). Bintang Hamburg dalam kemenangan ini adalah Hakan Calhanoglu yang mencetak dua gol.

Bagi Calhanoglu, pertandingan tersebut bisa dibilang spesial. Untuk pertama kalinya, pemain berusia 19 tahun itu membuka keran gol di kompetisi papan atas Jerman.

Gol perdananya dilesakkan dengan apik. Mengecoh beberapa pemain lawan di sisi kiri, Calhanoglu lantas melepaskan tendangan keras kaki kanan yang gagal dihentikan kiper Braunschweig.

Sedangkan gol kedua Calhanoglu dihasilkan melalui spesialisasinya, tendangan bebas. Pemain yang digadang-gadang memiliki kemampuan mirip Mesut Oezil itu sukses menyarangkan bola ke pojok kanan gawang Braunschweig.

Lantas, siapa Calhanoglu?

Calhanoglu adalah pemain berdarah Jerman-Turki yang dilahirkan di Mannheim, Jerman. Masa kecilnya banyak dihabiskan di kota terbesar ketiga di wilayah Baden-Wuerttemberg.

Impiannya sejak kecil adalah menjadi pemain sepak bola profesional. Karena itu, Calhanoglu mulai menimba ilmu di beberapa sekolah sepak bola 1. FC Turanspor Mannheim, Polizei SC Mannheim, dan SV Waldhof Mannheim.

Penampilan Calhanoglu bersama SV Waldhof menarik minat pencari bakat Karlsruher SC. Sejak 2009, Calhanoglu resmi menjadi bagian akademi Karlsruher.

Calhanoglu memulai karier profesional bersama Karlsruher di Bundesliga 2 pada musim 2011-12. Tampil sebanyak 14 laga, Calhanoglu gagal menyarangkan satu gol pun.

Meski gagal tampil baik, Calhanoglu ternyata diminati oleh Hamburg. Pada musim panas 2012, Hamburg resmi meminang Calhanoglu dengan nilai transfer 2,5 juta euro.  Namun, Hamburg tetap meminjamkan Calhanoglu ke Karlsruher selama semusim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X