Australia Resmi Gabung ke AFF

Kompas.com - 26/08/2013, 17:07 WIB
Timnas Australia saat berlaga dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Iraq di ANZ Stadium, 18 Juni 2013. AFPTimnas Australia saat berlaga dalam kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Iraq di ANZ Stadium, 18 Juni 2013.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAry Wibowo
DILI, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Australia (FFA) resmi bergabung ke Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) setelah diterima secara aklamasi oleh 11 anggota AFF dalam Kongres Luar Biasa AFF di Dili, Timor Leste, Senin (26/8/2013).

"Federasi Sepak Bola Australia merasa terhormat masuk ke dalam Federasi Sepak Bola ASEAN. Kami berharap menjadi anggota aktif dan berkontribusi dalam perkembangan dan kesuksesan sepak bola di wilayah kami," ujar Sekretaris Jenderal dan CEO FFA, David Gallop dalam situs resmi.

Sekretaris Jenderal AFF, Azzuddin Ahmad, mengaku senang Australia bisa bergabung ke wilayah ASEAN. Ia berharap, AFF bisa meningkatkan kerjasama dengan Australia agar sepak bola Asia Tenggara bisa berkembang lebih baik.

Sementara, Wakil Presiden AFC sekaligus anggota Eksekutif FIFA, Moya Dodd menambahkan, "Ini bisa dilihat sebagai bagian akhir dalam integrasi Austalia ke AFC. Tapi, sekarang lebih tepat mengatakan ini adalah awal dari sebuah komitmen bersama untuk kemajuan sepak bola di Asia Tenggara."

Australia bergabung ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada tahun 2006, hijrah dari Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC) yang kurang kompetitif. Melawan tim-tim negara anggota OFC, yang kebanyakan tim-tim amatir di Kepulauan Pasifik, Australia biasa memanen kemenangan dengan gol dua digit.

The Socceroos, yang saat ini berperingkat ke-46 dalam peringkat FIFA, kemudian menjadi anggota undangan AFF dan secara rutin berkompetisi di level usia muda dalam federasi beranggotakan 11 negara.

Saat ini, Australia sedang mengikuti turnamen Piala AFF U-16 di Myanmar. Dengan peresmian keanggotaanya tersebut, maka mereka juga akan ambil bagian turnamen Piala AFF Wanita dan Piala AFF Futsal pada tahun ini.

Australia juga sebelumnya sempat mengungkapkan tidak mempunyai rencana tampil pada penyelenggaraan Piala Suzuki AFF 2014, yang diikuti tim-tim nasional yang berperingkat di atas 100 dalam peringkat FIFA.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X