Klub Hongaria Didenda karena Penggemar Rayakan Kematian Penjahat Perang Nazi

Kompas.com - 23/08/2013, 22:22 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BUDAPEST, KOMPAS.com — Klub sepak bola Hongaria Ferencvaros didenda ribuan euro oleh otoritas olahraga nasional pada Jumat (23/8/2013), setelah para penggemarnya merayakan kematian seorang terdakwa penjahat perang Nazi pada pertandingan akhir pekan.

Klub Budapest itu didenda 800.000 forints (2.680 euro atau sekitar Rp 39,642 juta) setelah para penggemarnya membentangkan spanduk yang memuji Laszlo Csatari pada pertandingan Sabtu melawan rival sekota MTK, klub yang populer di kalangan komunitas Yahudi.

Csatari, yang menanti persidangan untuk tuduhan mengirim 12.000 orang Yahudi ke kamp-kamp kematian, meninggal dunia pada 10 Agustus, dengan umur 98 tahun.

"Kami hanya dapat mengulangi bahwa sikap (politis atau rasial) atau tindakan rasial apa pun, tersembunyi atau terang-terangan, tidak memiliki tempat di lapangan," kata asosiasi sepak bola Hongaria dalam pernyataan di situsnya, Jumat.

Mereka menambahkan bahwa rendahnya denda disebabkan karena klub terang-terangan mengambil jarak dari tindakan-tindakan para penggemarnya, dan mau bekerja sama dalam pengumpulan bukti.

"Kami menyesal atas provokasi yang terjadi pada pertandingan antara Ferencvaros dan MTK, yang dilakukan oleh sekelompok penggemar yang merusak semangat klub kami yang telah berusia 114 tahun serta semangat para pendukung kami."

Partai-partai oposisi dan komunitas Yahudi juga mengutuk tindakan para penggemar itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Maret, badan sepak bola dunia FIFA memerintahkan Hongaria untuk memainkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Romania tanpa kehadiran penonton menyusul insiden-insiden anti-Semit pada pertandingan persahabatan Hongaria-Israel di Budapest, Agustus tahun lalu.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X