Kompas.com - 15/08/2013, 04:32 WIB
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. AFP PHOTO / FABRICE COFFRINIKapten Portugal, Cristiano Ronaldo.
|
EditorOkky Herman Dilaga

SAO JOAO DO VENDA, KOMPAS.com — Cristiano Ronaldo tampil sebagai penyelamat Portugal saat bertemu Belanda di Stadion Do Algarve, Sao Joao da Venda, Rabu atau Kamis (15/8/2013) dini hari WIB. Portugal pun menahan imbang Belanda 1-1.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, Portugal membuka peluang. Umpan silang Ruben Amorim disambut sundulan Cristiano Ronaldo. Beruntung, Michel Vorm dengan sigap mampu mengamankan peluang sang lawan.

Belanda yang tampil lebih tenang ternyata berhasil membuka gol pada menit ke-17. Gelandang Belanda yang kini bermain di AS Roma, Kevin Strootman, menaklukkan kiper Portugal, Beto, seusai menerima umpan manis Jeremain Lens.

Memasuki menit ke-28, Portugal memperoleh peluang emas menyamakan skor. Kerja sama Ronaldo dengan Danny diteruskan Ruben Micael yang berdiri bebas di depan gawang Belanda. Namun, tendangan Micael malah melenceng dari sasaran.

Pada babak kedua, Portugal mencoba memperbanyak tekanan dari sayap. Sedangkan Belanda bermain lebih sabar dan memasukkan para pemain yang bertipe lebih bertahan seperti Marco van Ginkel.

Portugal mendapatkan kesempatan pertama pada babak kedua. Pada menit ke-48, aksi individu Fabio Coentrao yang mengecoh Arjen Robben dan Jeremain Lens dilanjutkan umpan silang ke depan mulut gawang Belanda. Namun, Vorm cepat memotong umpan Coentrao yang mengarah ke Ronaldo.

Vorm kembali menjadi penyelamat gawang Belanda. Kali ini, pada menit ke-65, peluang Portugal melalui Ronaldo kembali bisa dipatahkan Vorm. Tembakan keras Ronaldo dari jarak jauh mampu ditepis Vorm di samping gawang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada menit ke-72, kesempatan Portugal kali ini digagalkan tiang gawang. Paulo Machado melepaskan tendangan yang hanya mengenai tiang gawang Belanda. Selamatlah gawang Belanda.

Gol yang ditunggu-tunggu Seleccao akhirnya tercipta dua menit jelang pertandingan berakhir. Bintang Portugal, Ronaldo, sukses menggetarkan jala Vorm dari sebuah skema tendangan penjuru. Pertandingan pun berkesudahan 1-1.

Susunan pemain
Portugal: Beto; Joao Pereira, Pepe, Neto (Bruno Alves 82), Fabio Coentrao (Silvio 90); Ruben Amorim (Andre Martins 74), Miguel Veloso, Ruben Micael (Paulo Machado 46); Danny (Pizzi 64), Cristiano Ronaldo; Helder Postiga (Nelson Oliveira 64)
Pelatih: Paulo Bento

Belanda: Michel Vorm; Paul Verhaegh (Ricardo van Rhijn 47), Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi, Daley Blind; Giorgiano Wijnaldum, Rafael van der Vaart (Marco van Ginkel 46), Kevin Strootman; Jeremain Lens (Ruben Schaken 82), Arjen Robben; Robin van Persie (Klass-Jan Huntelaar 58)
Pelatih: Louis van Gaal



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X