Mourinho: CR7 Bukan "The Real Ronaldo"

Kompas.com - 04/08/2013, 01:23 WIB
Bintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo. AFP PHOTO / FRANCISCO LEONGBintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo.
|
EditorHery Prasetyo

INDIANA, KOMPAS.com
- Eks pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, mengklaim Cristiano Ronaldo bukanlah Ronaldo yang sebenarnya. Menurut pelatih berjuluk The Special One ini, ia pernah melatih the real Ronaldo di Barcelona. Ronaldo sebenarnya yang ia maksud itu adalah Ronaldo Luiz Nazario de Lima.

"Saya menjadi pelatih tahun 2000 bersama Benfica. Sebelumnya saya menjadi asisten pelatih di klub besar dan bekerja dengan pelatih serta pemain terbaik dunia. Di usia 30 saya melatih Ronaldo, bukan Ronaldo Real Madrid, tapi Ronaldo yang sebenarnya, yang dari Brasil," jelas Mourinho kepada ESPN.

Ronaldo yang dimaksud Mourinho tak lain adalah Ronaldo Luiz Nazario de Lima, mantan penyerang Brazil. The Phenomenon pernah memperkuat Barcelona selama semusim yaitu tahun 1996 hingga 1997. Di masa ini Mourinho bekerja sebagai asisten sekaligus penerjemah Bobby Robson yang menjadi entrenador Barca.

Tiga belas tahun kemudian, Mourinho kembali dipertemukan dengan pemain bernama Ronaldo. Mourinho melatih Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro sejak tahun 2010 hingga 2013. Bersama CR7, Mou sempat mengecap satu gelar La Liga, Copa del Rey dan Supercup Spanyol.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X