Kompas.com - 24/07/2013, 22:57 WIB
|
EditorHery Prasetyo
MILAN, KOMPAS.com - Isu rasial kembali menimpa sepak bola Italia. Pemain AC Milan, Kevin Constant, mendapat cemoohan bernada rasial dalam pertandingan pra-musim melawan Sassuolo, Selasa (23/7/2013) waktu setempat. Akibatnya Constant meninggalkan lapangan di menit ke-34. Ia juga menendang bola ke arah penonton.

Karena insiden tersebut, Milan memasukkan pemain pengganti. Selain itu pemandu pertandingan juga sempat memperingatkan penonton bahwa pertandingan akan berhenti jika tindakan tersebut berlanjut.

Akibat kejadian ini, federasi sepak bola Italia FIGC segera mengumumkan investigas lebih lanjut. Sebab ini bukan pertama kalinya kasus serupa terjadi. Constant pun menjadi pemain Milan ketiga yang menjadi sasaran pelecehan penonton.

Bulan Januari 2013, Kevin-Prince Boateng, rekan setim Constant meninggalkan lapangan di tengah pertandingan kontra Pro Patria. Sebab suporter lawan meneriakinya dengan kata-kata bernada rasial. Sementara dalam lanjutan laga Serie-A, Mario Balotelli, juga pemain AC Milan menjadi bahan ejekan suporter AS Roma.

Sebelumnya, FIFA sudah mengumumkan adanya penambahan hukuman terkait pelanggaran rasial. Pada bulan Mei FIFA menyepakati ancaman degradasi atau diskualifikasi untuk tim yang terbukti terlibat pelanggaran rasial.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.