Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Cinderamata Liverpool Untung Rp 500 Ribu

Kompas.com - 20/07/2013, 19:06 WIB
Hery Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjual cinderamata Liverpool di Gelora Bung Karno (GBK) raih untung besar karena kedatangan tim Liverpool ke Indonesia. Pertandingan Liverpool Vs timnas Indonesia XI Sabtu (20/7/2013) memberi keuntungan sampai Rp 500 ribu dalam sehari. Keuntungan tersebut lebih besar daripada hasil jualan sehari-hari.

Keuntungan didapat dari hasil penjualan kaus, topi, dan syal. Masing-masing dijual seharga Rp 50 ribu, Rp 60 ribu, Rp 25-30 ribu, dan Rp 40 ribu.

Ujang (40), pedagang asal Bandung, merasa antusias dalam mencari rezeki pada acara-acara olahraga kegemaran masyarakat Indonesia ini.

"Kalau ada acara, jualan di sini. Setiap liga-liga super, acara bola, selalu ke sini. Banyak yang beli kalau event penting kayak gini," kata Ujang.

Ujang yang sehari-hari juga berjualan cinderamata sepak bola di Bandung, mengakui menjual barang dagangannya dengan harga lebih tinggi di GBK. Meski begitu, lapaknya terus-terusan ramai dihampiri para Liverpudlian (penggemar Liverpool).

Senasib dengan Ujang, Maman (35) yang juga datang dari Bandung merasa pendapatannya meningkat saat berjualan di GBK dibandingkan dengan di Bandung.

"Pendapatannya bagusan di sini," kata Maman sembari menjajakan dagangannya pada pengunjung.

Tak hanya menjual cinderamata Liverpool, Maman juga terlihat menggantungkan syal-syal Persija (klub sepak bola Jakarta) di lapaknya. Meski yang akan bertanding adalah Liverpool dan Persija, Maman menyatakan tetap ada yang beli cinderamata klub Jakarta.

"Saya juga ngefans sama Persija, kalau supporter mah enggak ngaruh, ya mau dari mana," katanya sambil tertawa.

Meningkatnya keuntungan jadi penyebab rombongan pedagang dari Bandung gemar mencari rezeki di GBK. Acara-acara olahraga seperti liga sepak bola ataupun Sea Games, dinilai mereka menjadi ladang penghasilan yang menggiurkan.

Sejak siang, pendukung Liverpool dan Timnas Indonesia sudah mulai mengisi area GBK. Banyak di antaranya yang mampir ke lapak-lapak penjual cinderamata, untuk menunjukkan dukungan pada tim-tim kesayangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com