Saran Legenda Liverpool untuk Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 19/07/2013, 16:55 WIB
Legenda Liverpool Ian Rush berpose seusai memberikan coaching clinic kepada anak-anak di Lapangan Hoki, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2013). Liverpool akan bertanding melawan tim Indonesia XI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Sabtu 20 Juli 2013. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Legenda Liverpool Ian Rush berpose seusai memberikan coaching clinic kepada anak-anak di Lapangan Hoki, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2013). Liverpool akan bertanding melawan tim Indonesia XI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Sabtu 20 Juli 2013.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com — Striker legendaris Liverpool, Ian Rush, berharap Indonesia bisa belajar dari seluruh rangkaian pertandingan uji coba dengan tim-tim asal Premier League. Menurutnya, sebuah keuntungan besar bagi timnas Indonesia jika bisa menguji kemampuan dengan klub-klub besar Inggris tersebut.

Pada Juli ini, Indonesia mendapat tiga lawan tangguh asal Premier League, yakni Arsenal, Liverpool dan Chelsea. Saat melawan Arsenal, Minggu (14/7/2013), Indonesia takluk 0-7. Sementara itu, Liverpool baru akan bertanding Sabtu (20/7/2013) dan Chelsea, Kamis (25/7/2013).

"Tentu saja ini menjadi suatu keuntungan. Tanpa klub-klub Premier League ini, Anda tidak akan pernah belajar. Premier League adalah salah satu liga yang terbaik di dunia. Kami datang ke Indonesia, pertama untuk suporter, dan tentunya tim nasional Indonesia akan banyak mendapatkan manfaat," ujar Rush di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Rush menuturkan dengan banyak melakukan uji coba dengan tim Premier League, para pemain timnas Indonesia akan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan skill. Ia pun mencontohkan beberapa negara di Asia yang bisa berkembang baik bila banyak melakukan uji coba dengan tim-tim Eropa.

"Jadi, akan banyak sekali manfaatnya Indonesia bertanding dengan Arsenal, Liverpool maupun Chelsea atau tim Premier League lainnya. Tinggal bagaimana sepak bola di sini bisa serius mengembangkan bakat-bakat muda untuk menjadi pemain andalan di masa depan nanti," kata Rush.

Liverpool datang ke Indonesia dalam rangkaian tur pramusim ke Asia dan Australia. Indonesia menjadi destinasi pertama rombongan tim Merseyside ini sebelum menuju Melbourne dan Bangkok.

Liverpool akan menjajal tim Indonesia XI yang bermaterikan skuad timnas Indonesia di bawah arahan Pelatih Jacksen F Thiago di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (20/7/2013). Setelah berlaga di Jakarta, selanjutnya mereka terbang ke Melbourne untuk bertanding menghadapi Melbourne Victory pada 24 Juli, dan terakhir ke Bangkok pada 28 Juli menjajal timnas Thailand.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X