Kompas.com - 14/07/2013, 00:03 WIB
Pelatih Jacksen F Tiago saat latihan tim nasional Indonesia untuk Pra Piala Asia 2015, Maret lalu. Kini, dia menjadi pelatih Indonesai Dream Team untuk melawan Arsenal, Minggu (14/7/2013). KOMPAS/YUNIADHI AGUNGPelatih Jacksen F Tiago saat latihan tim nasional Indonesia untuk Pra Piala Asia 2015, Maret lalu. Kini, dia menjadi pelatih Indonesai Dream Team untuk melawan Arsenal, Minggu (14/7/2013).
|
EditorHery Prasetyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia Dream Team menggelar latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (13/7/2013) malam, dengan banyak menyantap menu taktik. Ini merupakan latihan terakhir jelang melawan Arsenal, Minggu (14/7/2013) malam.

Boaz Solossa dan kawan-kawan mulai berlatih pada pukul 21.30 WIB dan berlangsung sejam. Tim besutan Jacksen F Tiago tetap terlihat bersemangat meskipun berlatih di bawah guyuran hujan.

Porsi latihan kali ini lebih berfokus pada taktik. Sesi pertama, pemain berlatih membangun serangan dari belakang ke depan. Kemudian, pemain juga diasah dalam penyelesaian akhir dan mengeksekusi bola mati.

"Saya ingin pemain lebih menguasai bola dan agresif," tutur Jacksen.

Menjelang akhir latihan, Sergio van Dijk (SVD), Ian Louis Kabes, dan Hasyim Kipuw melakoni sesi khusus, yakni mengeksekusi bola mati. Setiap pemain diberi tiga kesempatan untuk melakukan tendangan bebas dari sudut yang berbeda.

SVD terlihat cukup piawai. Beberapa kali, pemain naturalisasi asal Belanda tersebut sukses menjebol gawang. Meski begitu, SVD belum tentu bakal ditugaskan mengeksekusi bola mati. Jacksen akan memberi kebebasan kepada tiga pemain tersebut untuk urusan mengeksekusi bola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya menyiapkan tiga algojo. Pemain tinggal berkomunikasi di lapangan. Saya memberikan kebebasan karena perasaan pemain lebih baik," tutur pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.