Inggris Terburuk Sejak 2008, Brasil Tembus 10 Besar, Indonesia Peringkat Ke-168

Kompas.com - 04/07/2013, 17:24 WIB
Striker Brasil, Neymar, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Spanyol di final Piala Konfederasi, Minggu (30/6/2013), di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. AFP/VANDERLEI ALMEIDAStriker Brasil, Neymar, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Spanyol di final Piala Konfederasi, Minggu (30/6/2013), di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Inggris turun enam peringkat dalam daftar ranking FIFA. Kini, The Three Lions menempati posisi ke-15 dunia, yang merupakan ranking terendah sejak Oktober 2008.

Pasukan besutan Roy Hodgson tersebut untuk sementara menempati peringkat kedua kualifikasi Piala Dunia 2014 di Brasil. Jika mereka lolos ke putaran final dan ingin menjadi unggulan, maka tim Tiga Singa tersebut harus segera bangkit untuk memperbaiki rankingnya.

Sebelumnya, Inggris juga pernah terlempar dari posisi 10 besar, yakni lima tahun silam. Tetapi posisi terendah mereka terjadi pada awal 2001, ketika menempati peringkat ke-16.

Sementara itu Skotlandia mengalami peningkatan karena naik 24 strip ke posisi ke-50. Pencapaian ini berkat kejutan yang mereka hadirkan saat menang 1-0 atas Kroasia di kualifikasi Piala Dunia.

Jika Inggris terpuruk, hal sebaliknya diraih Brasil. Juara dunia lima kali ini mampu menapaki posisi kesembilan, setelah sempat terpuruk ke urutan ke-22, yang merupakan posisi terendah selama sejarah sepak bola Selecao.

Kemenangan di Piala Konfederasi menjadi faktor yang sangat mempengaruhi naiknya peringkat Brasil. Di final turnamen tersebut, Brasil, yang menjadi tuan rumah, sukses menaklukkan juara dunia dan juara Eropa, Spanyol, dengan skor mencolok 3-0. Meskipun kalah, El Matador tetap menempati peringkat satu dunia.

Posisi kedua ditempati Jerman, dan Kolombia naik empat strip ke posisi ketiga setelah penampilannya yang impresif di kualifikasi Piala Dunia. Peringkat keempat dihuni Argentina, diikuti Belanda.

Belgia mampu menembus posisi ke-10, yang merupakan ranking tertinggi mereka. Pantai Gading ada di peringkat ke-13, yang merupakan negara dengan posisi tertinggi untuk tim dari benua Afrika.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Pasukan Merah-Putih naik dua strip ke peringkat ke-168, berada di bawah Pakistan. Sementara itu Malaysia ada di urutan ke-159 dan Thailand di urutan ke-138, yang merupakan posisi terbaik untuk negara Asia Tenggara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Sky Sports
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X