Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2013, 00:44 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MADRID, KOMPAS.com — Disesaki pemain bintang berkualitas ternyata tak menjamin Real Madrid menjadi semakin populer di Spanyol. Berdasarkan hasil survei perusahaan riset marketing, Ikerfel, bekerja sama dengan harian AS, Madrid berada di posisi teratas klub paling tak populer dengan jumlah 55 persen. Jumlah ini menandakan kenaikan sebab pada survei serupa pada tahun 2011 Madrid "hanya" mendapat persentase 51 persen.

Di tempat kedua, ada rival Madrid, Barcelona, dengan persentase ketidakpopuleran 40 persen, sama dengan hasil survei 2011. Di bawah Madrid dan Barca, ada Atletico Madrid (27 persen) dan Sevilla (26 persen).

Metode survei ini adalah 70 orang suporter (100 orang khusus untuk Real Madrid) yang mendatangi tiap stadion klub Primera dan Segunda Division diminta menyebut tiga tim favorit (di luar tim yang memang mereka jagokan), serta tiga klub paling tak disukai. Hasilnya, sebanyak 41 persen responden memasukkan nama Barcelona sebagai klub paling mereka sukai dan 34 persen memilih Madrid. Di bawah kedua klub tersebut, ada Atletico Madrid (21 persen), Athletic Bilbao (18 persen), dan Real Betis (14 persen) sebagai klub paling disukai.

Hasil survei ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan pembenci Madrid datang dari suporter Atletico, Barca, Athletic Bilbao, Real Mallorca, Osasuna, Valencia, Real Valladolid, dan Real Zaragoza. Namun, Madrid rupanya memenangkan simpati dari pendukung klub Espanyol, Getafe, Granada, Malaga, Rayo Vallecano, dan Celta Vigo.  

Sementara Barcelona diam-diam rupanya mencuri hati para suporter delapan klub saingan mereka di Primera Division dan hanya berhasil memikat suporter dari lima klub Segunda Division.

Para penggemar Barcelona juga terbukti menunjukkan porsi ketidaksukaan terhadap Madrid. Sebanyak 93 persen Cules menganggap Madrid sebagai klub paling mereka benci. Sebaliknya, hanya 88 persen Madridista yang menganggap Barcelona sebagai klub paling tak mereka sukai. Tingkat ketaksukaan tertinggi terhadap Los Blancos datang dari suporter rival sekota, Atletico Madrid (94 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+