Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2013, 02:12 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
DORTMUND, KOMPAS.com - Penampilan solid Robert Lewandowski bersama Borussia Dortmund musim lalu tak hanya membuatnya masuk daftar incaran klub-klub top Eropa. Seperti dilansir oleh surat kabar Jerman Bild, nilai pasaran penyerang asal Polandia ini mengalami kenaikan sebesar 11 juta euro sejak musim dingin lalu.

Sebelumnya nilai Lewandowski masih berjumlah 28 juta euro, dan kini nilainya bertambah menjadi 39 juta euro.Kenaikan yang dialami Lewandowski ini merupakan kenaikan tertinggi dalam daftar yang dirilis Bild hasil kerja sama dengan situs Transfermarkt.de.

Namun demikian Lewandowski bukanlah pemain Bundesliga dengan nilai tertinggi. Dalam posisi teratas ada nama Mario Goetze (21) dan Thomas Mueller (23) yang masing-masing memiliki nilai 45 juta euro. Kedua pemain tim nasional Jerman ini menggeser posisi Franck Ribery. Sebelumnya, Goetze berada di posisi ketiga dan Mueller di delapan.

Menurut pimpinan situs Transfermarkt.de, Matthias Seidel (43), nilai Goetze sebenarnya bisa lebih tinggi dari 45 juta euro. "Kalau saja ia tak cedera, ia bisa jadi pemain Jerman pertama yang nilainya mencapai 50 juta euro," jelas Seidel.

Namun beberapa pemain Bundesliga nasibnya tak sebaik Mueller, Goetze dan Lewandowski. Akibat kehilangan tempat di starter Bayern, penyerang Mario Gomez mengalami penurunan 7 juta euro dari 35 juta menjadi 28 juta euro. Sementara nilai rekan setimnya Holger Badstuber turun dari 22 juta menjadi 17 juta. Kapten Hamburg SV Rafael van der Vaart kini tinggal bernilai 13 juta euro dan kapten Stuttgart Serdar Tasci hanya 9 juta euro.

Kriteria penilaian pemain ini sendiri dihasilkan dari diskusi pengelola situs Transfermarkt.de dengan melihat beberapa aspek pemain yang bersangkutan. Aspek-aspek tersebut di antaranya adalah prestasi, usia, perbandingan dengan pemain lain yang berposisi sama, serta pandangan penggemar dan citra di hadapan media.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.