Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neymar dan Ancaman Penjara, "Hadiah" Ultah Messi

Kompas.com - 24/06/2013, 23:13 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Senin, 24 Juni 2013, merupakan hari ulang tahun Lionel Messi yang ke-26. Segala hadiah besar sebagai pemain sepak bola sudah pernah ia dapatkan. Ia juga baru saja "dihadiah" Barcelona dengan pemain hebat asal Brasil, Neymar, sebagai partnernya nanti. Namun, "hadiah" lain pada ultah ke-26 kali ini juga membuatnya cukup berkerut kening, sebab ada ancaman penjara empat tahun.

Ya, Messi dan ayahnya, Jorge, dituduh telah menggelapkan pajak dari penghasilan hak citra mereka. Pejabat pajak mengklaim, dari 2007 sampai 2009, Messi telah mengemplang pajak sebesar 4 juta euro (sekitar Rp 52 miliar).

Pihak Messi mengaku tak melakukan kesalahan. Namun, ivestigasi jalan terus dan Messi harus bisa membuktikan tak bersalah pada sidang 17 September nanti. Jika gagal membuktikan telah memenuhi kewajiban pajak, maka dia dan ayahnya bisa dikenai hukuman maksimal mendekam di penjara selama empat tahun sesuai hukum Spanyol.

Menurut surat kabar La Vanguardia, Messi barus saja membayar 10 juta euro (sekitar Rp 130 miliar) kepada kantor pajak untuk kewajiban tahun 2010 dan 2011. Dia sengaja membayar jauh lebih besar dari ketentuan, dengan maksud mencari kesepakatan dengan kantor pajak agar kasusnya selesai tanpa harus lewat pengadilan.

Menurut La Vanguardia, upaya Messi melebihkan bayaran pajaknya merupakan indikasi bahwa ia mencari jalan damai.

Terlepas dari itu, Messi juga memiliki sisi bahagia, terutama di lapangan. Sebab, ia akan mendapat partner berharga, yakni Neymar. Pemain muda itu memiliki bakat besar dan dianggap cocok dengan gaya Messi. Ia juga baru saja menunjukkan kehebatannya di Piala Konfederasi.

"Saya yakin mereka akan cocok bermain bersama dan saling memahami," kata bek Barcelona, Gerard Pique.

"Sering kali, lawan mencoba menutup dan mengurung Messi. Kini, lawan juga akan mencemaskan keberadaan Neymar dan setidaknya harus menaruh dua pemain untuk menutupnya," tambahnya.

Messi sudah merasakan hampir semua gelar bergengsi sepak bola, baik secara tim maupun pribadi. Peraih gelar Pemain Terbaik Dunia empat kali ini sudah memenangkan enam Liga BBVA, dua Coppa del Rey, dua Liga Champions, lima Piala Super Spanyol, dan dua FIFA Club World Cup.

Memasuki musim 2013-14, Messi memang harus menghadapi dua sisi yang berbeda. Ini juga menandai umurnya yang memasuki angka 26 tahun. Tantangan di lapangan mungkin tak berat, karena dia baru saja mendapatkan "hadiah" Neymar. Namun, tantangan di kehidupan nyata benar-benar memusingkan kepala. Apalagi, jika terbukti dia telah menggelapkan pajak, maka Messi bisa mendekam di penjara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com