Di Pesawat Pun Pep Belajar Bahasa Jerman

Kompas.com - 24/06/2013, 07:43 WIB
EditorHery Prasetyo

MUENCHEN, KOMPAS.com

- Akan melatih klub Jerman, mau tak mau memaksa Pep Guardiola juga harus bisa berbahasa Jerman, setidaknya yang penting-penting. Maka, dalam penerbangan selama dua jam dari Barcelona menuju Muenchen, pelatih anyar Bayern Muenchen itu menyempatkan diri mempelajari bahasa Jerman, dibantu istrinya, Cristina.

"Saya mempelajari tata bahasa Jerman selama empat bulan ini," kata Pep seperti dilansir tabloid Bild yang mengirimkan reporternya demi menemani sang mantan pelatih Barcelona ini. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri, mengingat tata bahasa Jerman yang tak bisa dibilang mudah.

Salah satu sesi belajar Pep adalah meminta sang istri untuk mengetes penguasaan kosa katanya. Ia pun sempat berlatih mengucapkan kalimat dalam bahasa Jerman.

"Wir muessen noch einige Sachen mit den Spielern besprechen," demikian salah satu kalimat yang ia ucapkan. Artinya, "Kita masih harus membicarakan beberapa hal dengan para pemain."

Saat makan siangnya datang, Pep masih menyempatkan diri membaca buku catatannya. Kosa kata bahasa Catalan ditandai dengan warna hijau, bahasa Jerman dengan warna hitam dan beberapa koreksi dengan warna merah.

Menguasai bahasa Jerman memang menjadi kewajiban untuk Pep. Apalagi ia belum pernah mempelajari bahasa tersebut. Selama di New York dan Barcelona, Pep pun sudah menyiapkan diri dengan memanggil pengajar pribadi dan menghabiskan empat jam sehari demi mempelajari bahasa Jerman.

Meski begitu, Pep tampaknya sudah siap untuk menunjukkan penguasaan bahasa Jermannya kepada publik dan wartawan di Allianz Arena. Sebab, dalam konferensi pers perdananya di Allianz Arena, Senin (24/6/2013) siang waktu setempat nanti, ia berencana akan berbicara dalam bahasa Jerman.

Herzlich wilkommen nach Deutschland, Herr Guardiola! (Selamat datang di Jerman, Tuan Guardiola!)

Baca tentang
    Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
    Ikut


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X