Penalti Gagal Warnai Kemenangan Meksiko

Kompas.com - 23/06/2013, 04:02 WIB
EditorAloysius Gonsaga

BELO HORIZONTE, KOMPAS.com -  Meksiko menaklukkan Jepang 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup A Piala Konfederasi di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Brasil, Minggu (23/6/2013) dini hari WIB. Adalah Javier Hernandez alias Chicarito yang muncul sebagai bintang kemenangan El Tricolore melalui dua golnya di babak kedua.

Namun demikian, ia gagal memanfaatkan peluang mencetak hattrick setelah penaltinya di pengujung babak kedua digagalkan kiper Eiji Kawashima. Jepang memperkecil ketinggalan di menit ke-86 melalui gol Okazaki

Tampil menekan sejak awal, Jepang nyaris unggul di menit ke-9 melalui gol Okazaki, namun wasit menganulir gol tersebut. Okazaki ganti mengancam beberapa menit kemudian namun tendangannya masih melebar.

Meksiko pun sempat menciptakan sejumlah peluang seperti sundulan Zavala memanfaatkan tendangan bebas di menit ke-28, namun sundulannya hanya melambung di atas gawang Kawashima. Peluang terbaik mereka baru didapatkan di menit ke-40 melalui Guardado memanfaatkan bola muntahan peluang Torres, tetapi ia gagal mengonversi peluang tersebut menjadi gol.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 0-0.

Di babak kedua, Meksiko tampil sedikit lebih baik dengan menciptakan peluang melalui Hernandez. Penyerang Manchester United ini juga yang akhirnya membuka skor di menit 54 menyelesaikan umpan Guardado.

Jepang nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-61 lewat tendangan kaki kiri Maeda, namun bola hanya mengenai sisi samping gawang. Semenit kemudian, ganti Nagatomo yang mengancam lewat crossing Okazaki namun keburu diamankan oleh Ochoa.

Hernandez menggandakan keunggulan Meksiko lewat gol keduanya di menit ke-66 memanfaatkan umpan Mier dari set piece di depan gawang Jepang. Jepang baru bisa memperkecil ketinggalan di menit 86 lewat gol Shinjo Okazaki. Berawal dari kerja sama Kagawa dan Endo, Endo mengirim bola ke Okazaki yang meneruskan bola ke gawang Ochoa.

Di menit-menit akhir pertandingan, Meksiko mendapatkan hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Hernandez oleh Uchida. Namun harapan Hernandez untuk mencetak hattrick buyar setelah penaltinya mampu ditepis Kawashima. Bola memantul diarahkan lagi oleh Hernandez ke gawang, namun hanya membentur mistar.

Meski menang, Meksiko gagal melangkah ke semifinal karena di dua laga sebelumnya mereka kalah dari Brasil dan Italia, yang menjadi wakil Grup A maju ke babak empat besar. Tapi kemenangan ini membawa Meksiko sebagai penghuni peringkat ketiga.

- Susunan Pemain

Jepang: 1-Eiji Kawashima; 4-Keisuke Honda, 5-Yuto Nagatomo (14-Kengo Nakamura, 77'), 7-Yasuhito Endo, 9-Shinji Okazaki, 10-Shinji Kagawa, 13-Hajime Hosogai, 15-Yasuyuki Konno, 16-Yuzo Kurihara, 18-Ryoichi Maeda (22-Maya Yoshida, '65), 21-Hiroki Sakai (6-Atsuto Uchida, 60')
Pelatih: Alberto Zaccheroni

Meksiko: 1-Guillermo Ochoa, 4-Diego Reyes, 6-Gerardo Torrado, 10-Giovani Dos Santos (7-Pablo Barrera, 78'), 14-Javier Hernandez, 15-Hector Moreni, 17-Jesus Zavala, 18-Andres Guardado (3-C. Salcido, 71'), 19-Raul Jiminez (11 J. Aquino, 90'), 20-Jorge Torres, 21-Hiram Mier
Pelatih: José Manuel de la Torre

Wasit: Felix Brych

 

Baca tentang
    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Ikut


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X