Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominan, Brasil Ungguli Italia di Paruh Pertama

Kompas.com - 23/06/2013, 02:52 WIB

SALVADOR, KOMPAS.com - Brasil untuk sementara unggul 1-0 atas  Italia pada babak pertama lanjutan penyisihan grup A Piala Konfederasi di Arena Fonte Nova, Sabtu atau Minggu (23/6/2013) dini hari WIB.  Gol dicetak pemain pengganti, Dante, di masa injury time.

Italia minus Andrea Pirlo dan Daniele De Rossi pada pertandingan ini. Pirlo absen karena cedera, sedangkan De Rossi tak bisa tampil karena harus menjalani akumulasi kartu kuning. Adapun Brasil tampil dengan kekuatan penuh termasuk diperkuat pemain andalannya, Neymar da Silva.

Brasil mampu mengurung Italia di pertahanannya sendiri. Namun, Italia berhasil mematahkan berbagai serangan yang dilancarkan Brasil pada 15 menit pertama. Tim Samba memiliki sebuah peluang emas melalui aksi Neymar pada menit ke-23. Begitu menguasai bola dari Oscar, Neymar berhasil menggiring bola ke dalam kotak penalti. Sayang, pemain Barcelona tersebut terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola gagal mengenai sasaran.

Dua menit berselang, Pelatih Italia, Cesare Prandelli, melakukan perubahan. Dia mengganti Montolivo dengan Emanuele Giaccherini. Prandelli kemudian sedikit cemas terhadap cedera yang dialami Ignazio Abate pada menit ke-29. Pemain AC Milan tersebut tak bisa melanjutkan pertandingan setelah dilanggar Neymar. Posisi Abate diisi oleh Christian Maggio.

Tidak hanya Italia, Brasil pun harus kehilangan bek andalan, David Luiz. Pemain Chelsea tersebut tiba-tiba terlihat kesakitan dan tak bisa melanjutkan laga. Posisi Luiz digantikan oleh Dante pada menit ke-33. 

Setelah itu, Brasil tetap memegang kendali permainan. Perjuangan mereka akhirnya membuahkan hasil. Dante berhasil menaklukkan Buffon setelah memanfaatkan bola liar dari tandukan yang dilepaskan Fred pada injury time babak pertama. Gol ini membuat Brasil menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

- Susunan Pemain

Italia: 1-Gianluigi Buffon;  3-Giorgio Chiellini, 19-Leonardo Bonucci, 5-Mattia De Sciglio, 20-Ignazio Abate (Maggio 30);  6-Antonio Candreva, 7- Alberto Aquilani, 18-Riccardo Montolivo (Emanuele Giaccherini 25); 23-Alessandro Diamanti,  8-Claudio Marchisio, 9-Mario Balotelli
Pelatih: Cesare Prandelli

Brasil: 12- Julio Cesar, 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz (Dante 33), 6-Marcelo; 17-Luiz Gustavo, 8-Hernanes;  10-Neymar, 11-Oscar, Luiz Gustavo, 19-Hulk: 9-Fred
Pelatih: Luiz Felipe Scolari
 
Wasit: Ravshan Irmatov

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com