Kompas.com - 23/06/2013, 00:00 WIB
EditorAloysius Gonsaga

KOMPAS.com - Peristiwa pelemparan bus rombongan pemain Persib Bandung oleh segelintir suporter Persija Jakarta, yang membuat pertandingan Persija vs Persib batal digelar, disesalkan Manjer Persib, Umuh Muhtar. Penyesalan Umuh terutama ditujukan kepada panitia pelaksana yang dinilainya tidak siap dan tidak bisa memberikan pengawalan yang pantas kepada bus yang ditumpangi pemain Persib.

Umuh mengatakan, saat bus keluar hotel, tidak ada pengamanan berlapis yang diberikan panpel, misalnya pengamanan yang melibatkan mobil Baracuda. Pengamanan yang dilakukan hanyalah dengan motor voreijder. "Kalau pengamanan seperti itu sama saja dengan melepaskan kami begitu saja," kata Umuh.

Padahal sebelumnya, kata Umuh, panpel telah memberikan jaminan keamanan kepada timnya, mulai dari keberangkatan hingga kepulangan ke hotel. Namun pada kenyataannya hal itu tidak terjadi, meskipun Umuh mengaku sudah menyampaikan adanya ancaman-ancaman melalui pesan singkat.

"Sudah beberapa kali saya tanyakan ke panpel (soal pengamanan). Saya minta rantis, tapi kata pihak Panpel aman, tapi kenyataannya kok seperti ini," kata Umuh pada Sabtu malam.

Setelah keluar hotel, kata Umuh, beberapa ratus meter kemudian dia melihat ada segerombolan orang yang membawa batu dan bahkan menurutnya ada yang membawa bom molotov yang siap menghadang bus yang ditumpanginya. "Sepertinya sudah disiapkan oleh mereka. Saya heran mengapa pengamanan seperti itu," ujarnya.

Menurut Umuh, bagian yang rusak parah adalah bagian depan bus dan bagian samping kiri. Saat itu, Umuh menuturkan, dirinya berusaha menenangkan pemain meskipun sama-sama dalam keadaan panik. Umuh menyuruh semua pemain tiarap ke tempat duduk karena dia melihat ada juga yang membawa bom molotov. "Kami langsung arahkan ke tol saat itu, dan berhasil lolos," katanya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X