Spanyol Vs Tahiti Main, Tentara Beraksi

Kompas.com - 21/06/2013, 03:42 WIB
EditorHery Prasetyo

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Presiden Brasil, Dilma Rousseff, menginstruksikan tentara untuk turun lapangan saat Spanyol melawan Tahiti di Stadion Maracana, Kamis atau Jumat (21/6/2013) dini hari WIB. Ini karena pemrotes Piala Konfederasi masih beraksi dan mulai berkumpul di sekitar Maracana.

Aktivis Brasil menentang kebijakan pemerintah yang mengeluarkan banyak dana untuk menggelar Piala Konfederasi dan Piala Dunia 2014. Menurut mereka, pemerintah seharusnya tak terlalu royal mengeluarkan dana untuk merenovasi beberapa stadion dan menggelar dua turnamen akbar itu. Sebab, masih banyak rakyat kesulitan secara ekonomi.

Ini sudah hari keempat protes dilakukan dan sudah mulai ada kekerasan. Sebab itu, Presiden Rousseff memerintahkan tentara federal untuk membantu polisi menjaga keamanan. Sebagian besar dari mereka mengelilingi Stadion Maracana untuk mencegah gangguan pemrotes terhadap pertandingan Spanyol melawan Tahiti.

Sehari sebelumnya, para pemrotes membuat kerusuhan di Fortaleza, saat Brasil melawan Meksiko. Bahkan, sebagian pemrotes sempat terlibat bentrok dengan polisi dan mengakibatkan korban dari kedua belah pihak. Aksi protes juga terjadi di beberapa kota di Brasil. (RTR)

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X