Warga Iran Berpesta di Teheran

Kompas.com - 19/06/2013, 11:34 WIB
EditorHery Prasetyo

TEHERAN, KOMPAS.com — Kegembiraan menyelimuti negara Iran setelah tim sepak bola mereka memastikan lolos ke Piala Dunia 2014, yang akan berlangsung di Brasil. Ribuan orang di jalanan ibu kota Iran, Teheran, tumpah ruah menyambut keberhasilan tersebut.

Kesuksesan Iran itu tak terlepas dari kemenangan 1-0 pada laga terakhir melawan Korea Selatan, Selasa (18/6/2013) dalam lanjutan Pra-Piala Dunia 2014 zona Asia. Iran akhirnya memuncaki grup dan diikuti Korsel yang juga lolos langsung.

Sebelum laga, peluang Iran untuk lolos cukup tipis. Iran saat itu berada di urutan kedua dengan 13 poin, berbeda satu poin dari Korsel di posisi pertama. Di bawah Iran, Uzbekistan menguntit dengan 11 poin.

Iran harus memenangkan laga berat kontra Korsel di Stadion Munsu, Ulsan. Jika kalah, maka Iran bisa saja terlempar dari posisi kedua karena, di atas kertas, Uzbekistan takkan kesulitan menaklukkan Qatar di tempat berbeda. Untungnya, gol tunggal Reza Ghoochannejhad memastikan tiket ke Brasil. Kemenangan Uzbekistan atas Qatar dengan skor 5-1 pun tak menggoyahkan langkah mereka.

"Brasil, kami datang!" seru seorang fans Iran bernama Mehran, merayakan keberhasilan tersebut. "Ini sebuah kejutan besar. Saya tak bisa membayangkan kami bisa mengalahkan Korsel di depan pendukung mereka."

Menteri Olahraga Iran Mohammad Abbasi berencana mengadakan perayaan ini di Stadion Azadi, Teheran, pada Rabu (19/6/2013). Bagi Iran, Piala Dunia 2014 akan menjadi piala dunia ke-4 mereka setelah sebelumnya ikut serta pada Piala Dunia 1978, 1998, dan 2006.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X