Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia, Iran, dan Korsel Melaju ke Brasil 2014

Kompas.com - 19/06/2013, 03:49 WIB

Sydney, Selasa - Australia akhirnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil setelah meraih angka penuh pada laga terakhir di Grup B kualifikasi Zona Asia. Meski tampil kurang meyakinkan, Australia unggul 1-0 atas Irak melalui gol Josh Kennedy pada menit ke-83.

Sebanyak 80.523 penonton yang memenuhi Stadion Olimpiade Sydney, Selasa (18/6), langsung bersorak kegirangan setelah sundulan kepala Kennedy gagal ditepis penjaga gawang Irak, Noor Sabri. Ini adalah kehadiran Australia keempat kalinya pada putaran final Piala Dunia. Australia menyusul Jepang yang lebih dulu melaju ke Brasil dengan menjadi pemuncak Grup B.

Sementara dari Grup A Asia, Iran dan Korea Selatan akhirnya juga melaju ke Brasil. Pada laga terakhir, kemarin, Iran mampu mengalahkan tuan rumah Korsel, 1-0, berkat gol Reza Goochannedjhad pada menit ke-59.

Kemenangan atas Korsel itu mengangkat Iran ke puncak Grup A dengan 16 poin. Korsel berada di posisi kedua dengan 14 poin. Adapun Uzbekistan yang pada laga terakhir kemarin unggul 5-1 atas Qatar akhirnya harus puas di tempat ketiga dengan poin yang sama dengan Korsel, tetapi kalah selisih dua gol.

”Ini perjuangan kualifikasi yang sangat sulit. Namun, kami berhasil mewujudkannya pada tiga laga terakhir,” kata pelatih Australia, Holger Osieck.

Kapten tim Australia, Lucas Neill, pun bergembira atas hasil akhir tim Australia. ”Mohon maaf kawan-kawan, ini tidak cukup bagus, tetapi kami mengalahkan apa yang ada di depan kami. Malam ini marilah kita melihat positifnya, Australia berangkat ke Brasil,” ujar Neill.

Irak menekan

Pada babak pertama, Australia lebih banyak ditekan Irak yang menurunkan para pemain muda. Dengan penguasaan bola per individu lebih baik dibandingkan dengan para pemain Australia, barisan penyerang Irak beberapa kali membahayakan gawang Australia.

Akan tetapi, yang mengherankan, peluang-peluang untuk mencetak gol itu seperti tidak dimanfaatkan para penyerang Irak. Mereka tidak berani melepaskan tembakan dan lebih banyak menggocek bola di daerah pertahanan ”The Socceroos”.

Australia pun beberapa kali mencoba membalas menyerang, tetapi Tim Cahill gagal memanfaatkan tiga peluang yang diperolehnya. Tembakan-tembakan pemain senior Australia itu tidak mengarah ke gawang Irak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com