Kompas.com - 17/06/2013, 15:59 WIB
EditorGlori K. Wadrian

SURABAYA, KOMPAS.com - Enam anggota Komite Eksekutif Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) atau exco PSSI yang statusnya sedang terhukum, resmi diberhentikan.

Pemberhentian keenam anggota exco itu disepakati dalam Kongres Tahunan PSSI di Hotel Shangrila, Surabaya, Senin (17/6/2013). Mereka adalah Bob Hippy, Sihar Sitorus, Tuty Dau, Mawardi Nurdin, Widodo Santoso, dan Farid Rahman yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PSSI.

"Pengganti enam posisi exco itu akan dibahas di kongres ini," kata Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin.

Sebelumnya, keenam exco PSSI itu sudah dikenai sanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI dilarang aktif dalam sepak bola di Indonesia. Hukuman itu sudah diputuskan pada 18 April 2013 lalu. Mereka dinilai melakukan pelanggaran sangat fatal berupa pemalsuan tanda tangan Ketua Umum PSSI.

Djohar mengatakan, sebenarnya ada mekanisme banding yang bisa digunakan enam anggota exco untuk pembelaan. Tetapi, mereka mengabaikannya, sehingga sanksi Komdis dinyatakan sah dan berlaku.

Dalam kongres di Surabaya, keenam anggota exco tersebut tidak hadir. Padahal, panitia sudah memastikan undangan kongres sudah sampai di tangan mereka. Dari keenam orang itu, hanya Widodo Santoso yang sudah memberikan konfirmasi.

"Pak Widodo sudah konfirmasi. Beliau berada di Korea ada tugas soal kerjaan. Sedangkan lainnya tidak," pungkas Djohar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.