Kompas.com - 14/06/2013, 18:07 WIB
EditorAloysius Gonsaga

MALANG, KOMPAS.com - Arema Indonesia gagal menaklukkan tamunya, Gresik United, dalam laga lanjutan Indonesia Super League di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (14/6/2013), karena ditahan imbang 1-1. Dalam laga ini, Arema harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-68 karena Victor Igbonefo diganjar kartu merah.

Arema bermain tanpa tiga pemain inti yaitu Kayamba Gumbs, I Gede Sukadana dan Thierry Gathuesi. Meskipun demikian, Singo Edan bermain agresif sejak awal, sehingga berhasil menciptakan sejumlah peluang, seperti sundulan Christian Gonzales di menit kedua yang masih tipis di sisi kiri gawang Gresik United.

Setelah itu, giliran Dendi Santoso yang mengancam gawang Gresik United pada menit ke-17, melalui sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok Hasyim Kipuw. Tetapi, bola masih bisa ditepis kiper Gresik United, Sandi Firmansyah.

Tim tamu pun menciptakan peluang di menit ke-38 lewat Erol Iba. Tetapi, sepakan pemain yang pernah memperkuat Arema (ketika masih bernama Arema Malang) bisa dimentahkan penjaga gawang Kurnia Meiga.

Hingga wasit Oki Dwi Putra meniup peluit akhir babak pertama, tak satu pun gol tercipta.

Di babak kedua, Arema berhasil menjebol gawang Gresik United melalui sepakan Greg Nwokolo pada menit ke-57. Peluang menambah gol sebenarnya terjadi pada menit ke-62 saat wasit menunjuk titik penalti, setelah Lan Bastian menjatuhkan Gonzales di dalam kotak terlarang itu. Sayang, Beto Goncalves gagal mengeksekusi dengan baik karena berhasil ditepis Sandi Firmansyah.

Petaka untuk Arema terjadi pada menit ke-68, ketika Victor Igbonefo langsung dikartumerah oleh wasit setelah melakukan pelanggaran pada Rizky Novriansyah yang sudah sendirian di depan kotak penalti Arema. Bermain dengan 10 pemain membuat Arema terus mendapatkan tekanan.

Pada menit ke-70, Gresik United sebenarnya menciptakan gol tapi dianulir oleh wasit karena ada pelanggaran lebih dulu. Gol untuk Gresik United baru benar-benar terjadi di menit ke-78 lewat sundulan Ambrizal yang menerima umpan sepak pojok. Skor 1-1 bertahan sampai laga usai.

Tambahan satu poin ini membuat Arema bertahan di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 49 poin, tertinggal 11 angka dari Persipura Jayapura yang kokoh di puncak. Mereka hanya unggul empat poin dari Sriwijaya FC, yang masih memiliki dua pertandingan, termasuk ketika melawan tuan rumah Persib Bandung, Sabtu (15/6).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.