Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reputasi dan Karier Messi Dipertaruhkan

Kompas.com - 14/06/2013, 04:19 WIB

Madrid, Rabu - Reputasi dan karier pesepak bola terbaik dunia Lionel Messi benar-benar sedang dipertaruhkan. Tuduhan penggelapan pajak sebesar Rp 52 miliar menjadi kasus yang serius dan bisa mencoreng nama baik serta merusak karier pemain asal Argentina ini.

Jika tuduhan itu terbukti, berdasarkan hukum di Spanyol, Messi bisa dipenjara antara dua dan enam tahun. Pemain Barcelona ini juga harus membayar denda enam kali lipat dari jumlah pajak yang digelapkan.

Seperti diberitakan, seorang jaksa Spanyol memasukkan laporan dugaan penggelapan pajak 4 juta euro (Rp 52 miliar) oleh Messi dan Jorge Horacio, ayah Messi. Pesepak bola berusia 25 tahun itu dan ayahnya dicurigai mengisi laporan pajak yang dimanipulasi selama 2007-2009.

Berdasarkan tuduhan itu, Messi memperoleh pendapatan besar dari mengalihkan hak cipta atas foto-fotonya kepada pihak ketiga. Pendapatan itu seharusnya dikenai pajak.

Messi juga dituduh menghindari kewajiban pajak dengan menggunakan perusahaan fiktif di negara ”surga” pengemplang pajak, seperti Belize di Afrika dan Uruguay di Amerika Selatan.

Messi menghadapi tuduhan- tuduhan ini ketika tiba di Bandara La Aurora, Guatemala City, untuk pertandingan persahabatan. Terkait dengan hal itu, Messi tak berbicara kepada media dan langsung menuju bus. Ia disambut sorak-sorai para penggemarnya yang mengenakan kaus bertuliskan namanya dan mengibarkan bendera Argentina.

Messi tidak menanggapi tuduhan itu secara langsung. Dia mengutarakan kekagetannya melalui akun Facebook. Menurut pemain kelahiran Rosario, Argentina, itu, ia baru mengetahui ada penyelidikan atas dirinya melalui media.

”Kami tidak pernah melanggar apa pun. Kami selalu memenuhi kewajiban pajak kami sesuai dengan nasihat konsultan pajak kami yang akan mengklarifikasi situasi ini,” katanya di Facebook.

Pihak klub Barcelona belum mengeluarkan pernyataan terkait dengan masalah ini. Akan tetapi, Barcelona tentu ingin masalah ini selesai agar Messi juga bisa berkonsentrasi penuh menghadapi musim kompetisi 2013/2014. Sejauh ini belum ada tindakan dari pengadilan terkait kasus ini.

Sejumlah media yang berbasis di Barcelona membela Messi melalui tulisan opini. ”Messi tidak layak diperlakukan seperti itu. Janganlah membuat tuduhan sebelum ada investigasi yang jelas,” kata Joan Vehils dalam kolom opini koran The Barcelona.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com