Kompas.com - 12/06/2013, 01:51 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com — Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, menilai Premier League saat ini lebih kompetitif jika dibandingkan ketika dirinya masih membesut The Blues pada periode 2004-2007. Menurutnya, setidaknya akan ada lima tim kuat yang bakal menjadi pesaing Chelsea dalam perebutan gelar juara musim depan. Selain Manchester United dan Arsenal, ada Manchester City, Liverpool, dan Tottenham Hotspur.

Tiga musim berada di Stamford Bridge, Mourinho sukses mempersembahkan dua gelar Premier League pada 2004 dan 2005. Selain itu, pelatih asal Portugal tersebut juga memenangkan Piala FA (2007), Piala Liga (2005 dan 2007), dan Community Shield (2005).

Mourinho menilai, ketika mempersembahkan sejumlah gelar tersebut, hanya Manchester United dan Arsenal yang bisa dibilang merupakan rival terberat Chelsea. Namun, menurutnya, musim depan, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Liverpool juga akan meramaikan persaingan perebutan gelar juara.

"Dalam segi kualitas, saya tidak berpikir (Premier League) lebih baik. Saya pikir dalam segi kualitas kami semua bekerja sama untuk meningkatkan level itu. Tetapi, dalam segi daya saing pasti lebih sulit," demikian pernyataan Mourinho seperti dilansir situs resmi klub.

"Ketika saya berada di sini (musim 2004-2007), ada tiga tim (kuat). Semua orang tahu siapa yang berada di antara kami, Manchester United dan Arsenal. Satu berada di peringkat pertama, satu di posisi kedua dan satunya lagi di peringkat ketiga."

"Untuk saat ini, Manchester City muncul dengan kekuatan ekonomi yang fantastis, yang telah membantu mereka berkembang cepat seperti yang sudah mereka lakukan," kata Mourinho.

Sementara, Tottenham, menurut Mourinho, telah menunjukkan perkembangan bagus ketika masih dibesut pelatih Harry Redknapp dengan finis di peringkat empat dan lolos ke Liga Champions pada 2010. Ia pun menilai, Pelatih Andre Villas-Boas cukup baik menjaga performa Spurs.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka memiliki kondisi siap bertempur untuk meraih Premier League, bukan hanya untuk posisi Liga Champions," tutur Mourinho.

"Liverpool, saya mengenal Brendan Rodgers, saya tahu dia bisa melakukan hal itu (memperebutkan gelar juara). Sekarang, saya tidak akan berbicara banyak kepadanya di telepon. Tapi, musim lalu saya melakukannya dan saya tahu proyek, ide, dan apa yang akan dia lakukan," tambahnya lagi.

"Jadi, akan ada sekitar enam tim. Siapa yang akan berada di peringkat pertama? siapa yang berada di peringkat keenam? Saya tidak tahu. Tapi yang pasti, dari beberapa liga besar, hanya akan ada satu pesaing yang paling berat," tukas Mourinho.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.