Demi Bayern, Pep Belajar Bahasa Jerman 4 Jam Sehari

Kompas.com - 10/06/2013, 01:07 WIB
EditorHery Prasetyo

MUENCHEN, KOMPAS.com — Jelang menjalani jabatan sebagai pelatih Bayern Muenchen, salah satu persiapan yang dilakukan Pep Guardiola (42) adalah mempelajari bahasa Jerman. Menurut kakak sekaligus agennya, Pere Guardiola, eks pelatih Barcelona itu kini menghabiskan waktu empat jam untuk belajar bahasa Jerman.

"Ia seperti orang gila dengan belajar selama empat jam sehari. Seperti hal-hal lain yang ia lakukan, ia menyiapkan segalanya dengan cermat," jelas Pere kepada majalah Jerman Der Spiegel.

Menurut Pere, Guardiola telah mengikuti kursus privat bahasa Jerman dengan seorang guru sejak bulan November, sejak ia masih tinggal di New York, Amerika Serikat. Guru tersebut pun diajak Pep saat kembali ke Barcelona untuk liburan Paskah.

"Rasanya absurd sekali saat harus bertemu dengan saudara Anda, lalu mendengarnya berbicara dalam bahasa Jerman dengan gurunya," kata Pere.

Dengan modal belajar selama enam bulan, bisa jadi Guardiola sudah fasih berbicara dalam bahasa Jerman kepada awak media dalam konferensi pers pertamanya. "Ia akan melakukannya. Pep adalah sosok yang 'ngotot'," kata Pere.

Menguasai bahasa Jerman memang menjadi keharusan bagi Pep untuk melatih Bayern, mengingat ia sebelumnya tak pernah belajar bahasa Jerman. Selain bahasa Spanyol sebagai bahasa ibu, ia juga fasih berbahasa Catalan, serta mempelajari bahasa Inggris sejak di masa sekolah dan belajar bahasa Italia semasa memperkuat AS Roma dan Brescia. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X