Kompas.com - 09/06/2013, 00:20 WIB
EditorAloysius Gonsaga

BARCELONA, KOMPAS.com - Gelandang Barcelona Xavi Hernandez menepis ucapan banyak pihak bahwa era keemasan Blaugrana telah berakhir. Menurut Xavi, ucapan tersebut datang dari segelintir pihak yang tak menginginkan Barcelona sukses.

"Aku selalu tertawa tiap mendengar bahwa era Barca sudah selesai. Ucapan itu sudah kudengar bertahun-tahun, tapi toh tak kunjung terjadi," kata Xavi pada situs Sport.es.

Menurut Xavi, akan butuh waktu lama agar era kejayaan Barcelona berakhir. "Butuh waktu untuk mengakhiri sebuah era. Yang jelas, orang-orang yang mengatakan demikian adalah pihak yang tak ingin Barca sukses. Mereka tak perlu didengarkan," jelas pemain nasional Spanyol ini.

Selama era 2008-2012, Barcelona memenangkan 12 trofi juara termasuk dua gelar Liga Champions. Semuanya diperoleh di bawah kepemimpinan pelatih Pep Guardiola. Sementara musim ini, di bawah kepelatihan Tito Vilanova, mereka mendapatkan gelar La Liga.

Lebih jauh, Xavi juga tak sependapat dengan anggapan bahwa Bayern Muenchen adalah kekuatan dominan di sepak bola Eropa saat ini. Padahal dalam semifinal Liga Champions, Xavi dan Barcelona disingkirkan oleh Die Roten dengan agregat 7-0.

"Aku tak setuju dengan anggapan Bayern lebih baik dari kami. Saat melawan kami, Bayern mengubah permainan, tidak terlalu menyerang seperti biasa, serta menekan kami dan bertahan dengan sangat baik. Mereka juga lebih cepat. Tapi mereka tak bisa mendominasi kami saat kami mendapat bola. Itu sudah membuktikan bahwa meski mereka lebih baik saat pertandingan, namun ada banyak alasan kami dan Madrid tak masuk final," jelas Xavi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.