Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RD Tak Pentingkan Hasil

Kompas.com - 09/06/2013, 00:00 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Rahmad Darmawan, tidak terlalu mempermasalahkan hasil imbang 1-1 yang diraih pasukannya saat beruji coba melawan Singapura U-23 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (8/6/2013) malam. Yang paling penting bagi RD adalah kerjasama tim dalam laga uji coba ini.  

Indonesia sempat tertinggal lebih dulu oleh gol yang diciptakan Khairul Nizam. Namun, hanya berselang satu menit, Garuda Muda berhasil mencetak gol balasan melalui aksi Joko Sasongko.

"Pada awal permainan, banyak pemain yang  belum mengerti dan salah passing. Setelah 15 menit berlalu, mereka berani bermain dengan tenang dan membuka ruang. Namun, kita apresiasi perjuangan anak-anak tadi. Ada 5 pemain yang tidak saya mainkan. Juga ada beberapa pemain yang berkesan untuk saya ," jelas RD usai pertandingan.

Pertandingan ini merupakan bagian dari seleksi tahap pertama yang dilakukan RD untuk membentuk skuadnya yang akan diterjunkan di SEA Games 2013 Myanmar. Seleksi pertama ini diikuti 32 pemain dari total 67 pemain yang dipanggil. Sisanya, akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

RD menjelaskan bahwa pemusatan latihan tahap kedua akan digelar pada Juli mendatang. Setelah melakukan empat tahap seleksi, RD akan mendapatkan gambaran kerangka tim pada September mendatang. Rencananya, dari total 67 pemain yang akan dipanggil akan disusutkan menjadi 30 pemain pada pelatnas tahap akhir.
 
"Kita akan beruji coba dengan Brunei Darussalam dan Timor Leste di Indonesia pada Agustus nanti. Sekarang kita seleksi 30 pemain. Jadi, masih ada pemain lain dari total 70 pemain. Stok penyerang masih ada di antaranya Oktovianus Maniani, Dendi Santoso, Sunarto, dan Andik Vermansah. Saya juga butuh pemain defender yang oke karena saya ingin bangun serangan dari bawah. Tim sudah terbentuk September nanti," beber pelatih Arema Indonesia tersebut.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com