Kompas.com - 08/06/2013, 01:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyerang tim nasional Belanda, Robin van Persie, mengaku bangga dipercaya sebagai kapten saat menghadapi Indonesia pada laga uji coba di Stadion Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/6/2013). Duel berakhir dengan skor 3-0 untuk Belanda.

Awalnya posisi kapten Belanda diperkirakan akan diemban oleh Wesley Sneijder yang merupakan kapten kedua setelah Rafael van der Vaart, yang tidak dibawa ke Jakarta karena mengalami cedera. Namun, pada laga tersebut pelatih Louis van Gaal mempercayakan RvP.

"Aku merasa sangat terhormat dengan hal ini. Pada Senin (3/6/2013), pelatih bertanya apakah aku ingin menjadi kapten. Ini sangat menyanjung, jadi aku terima (untuk menjadi kapten)," ujar RvP seusai pertandingan.

"Pilihan ini tidak hanya untuk sekarang saja, tetapi juga untuk jaga panjang," ungkapnya lagi.

Saat jumpa pers usai pertandingan, Van Gaal mengungkapkan salah satu alasannya memberikan ban kapten kepada RvP karena menilai Sneijder kurang fit. Ia menilai, bomber Manchester United mempunyai kapasitas untuk memimpin rekan-rekannya dalam lapangan.

"Tak ada masalah soal pergantian kapten tersebut. Memang, ini pertama kalinya Van Persie menjabat kapten di timnas Belanda. Namun, saya rasa ia bisa memikul tanggung jawab memimpin rekan-rekannya di lapangan," kata Van Gaal.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X