Kompas.com - 08/06/2013, 01:03 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, menilai, faktor kekalahan Indonesia dari Belanda adalah karena faktor fisik. Minimnya persiapan tim Merah Putih menjadi hal yang disoroti Jacksen.

Indonesia menelan kekalahan 0-3 dari Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/6/2013). Seluruh gol kemenangan Belanda tercipta pada babak kedua melalui dua gol Siem de Jong dan satu lesakan Arjen Robben.

Keberhasilan Indonesia menahan gempuran Belanda sepanjang babak pertama diapresiasikan positif oleh Jacksen meski kubu De Oranje menganggap pada paruh pertama pertandingan, Robin van Persie dkk gagal bermain baik lantaran kondisi permukaan lapangan yang buruk.

"Meski kalah, saya tetap bangga. Kami mampu mengorganisasi pertahanan dengan baik pada babak pertama. Menang atau kalah, yang penting kami bermain sesuai cara sendiri," ujar Jacksen seusai pertandingan.

"Pada babak pertama, kami bisa membuat peluang. Tetapi, pada babak kedua, kami mulai kelelahan sehingga Belanda bisa lebih leluasa memanfaatkan kelebihan umpan silang dan sundulan kepala," lanjutnya.

"Kesalahan-kesalahan seperti itu membuka mata saya bahwa ada beberapa hal yang perlu dikembangkan untuk pertandingan selanjutnya," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.