Kompas.com - 07/06/2013, 22:32 WIB
EditorHery Prasetyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua umpan silang mengarah ke depan gawang Indonesia. Keduanya ditanduk Siem de Jong dan menjadi gol. Kelemahan klasik ini yang akhirnya membuat Indonesia menyerah 0-3 kepada Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (7/6/2013). Satu gol Belanda lainnya dicetak Arjen Robben.

Indonesia memulai pertandingan dengan hati-hati. Ini sempat dimanfaatkan oleh Belanda dengan melakukan serangan balik cepat. Sebuah umpan silang dari Ruben Schaken langsung disambar Robin van Persie dengan sundulan dan menjadi gol saat laga baru berumur semenit.

Beruntung, Van Persie dalam posisi offside sehingga wasit menganulir gol tersebut. Sempat mencoba menyerang, Indonesia gagal, dan Van Persie kembali mengancam gawang Kurnia Meiga. Namun, bola tendangannya masih tipis meleset dari gawang.

Indonesia hanya bisa mengandalkan serangan balik. Namun, Belanda mampu dengan mudah meredamnya dan kembali menekan. Bahkan, Belanda mampu melakukan dua kali tendangan ke gawang, meski masih bisa dikuasai Meiga.

Akan tetapi, akselerasi sayap kanan Belanda, Ruben Schaken, sering tak terbendung oleh Toni Sucipto. Oleh karenanya, ia mampu beberapa kali mengirim umpan silang berbahaya. Terlebih lagi, pada menit ke-13, Arjen Robben dimainkan, menggantikan Jeremain Lens.

Pada menit ke-18, Nwokolo berpeluang mencetak gol saat mendapat umpan dari Van Dijk. Tapi, penyelesaiannya kurang sempurna. Semenit kemudian, ia malah sempat melewati Erik Pieters untuk menyongsong umpan jarak jauh dan tinggal berhadapan dengan kiper Belanda, Jasper Cillessen. Namun, ia dianggap melakukan pelanggaran lebih dulu, selain tendangannya terlalu lemah dan melebar.

Pada menit ke-29, lagi-lagi Belanda mampu mengirim umpan silang dari kanan. Van Persie dengan bebas menanduknya di depan gawang Meiga. Untung, bola sundulannya masih melambung di atas mistar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada babak kedua, Belanda mencoba menekan lebih gencar. Beberapa peluang sempat tercipta, tapi belum membuahkan gol.

Lagi-lagi, kegagalan Toni Sucipto mematikan Ruben Schaken berbuah petaka. Schaken dengan baik mampu mengirim umpan silang pada menit ke-57. Siem de Jong yang tak terkawal, mampu memecah kebuntuan. Sundulannya dengan mudah membobol gawang Meiga, 1-0 untuk Belanda.

Tiga menit kemudian, De Jong kembali berpeluang mencetak gol saat mendapat umpan dari Robben. Tapi, bola tendangannya masih melambung.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X