Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Alasan Susunan Skuad Belanda Melawan Timnas Garuda?

Kompas.com - 07/06/2013, 09:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Timnas Belanda yang akan menjadi tamu dalam laga tanding dengan timnas Garuda, Jumat (7/6/2013), tidak menampilkan tim inti. Hanya Robin van Persie, Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan Jermaine Lens, deretan bintang yang bakal dipasang. Apa analisis pengamat di balik strategi Louis van Gaal tak memboyong skuad lengkapnya ke Stadion Gelora Bung Karno?

"(Faktor) pertama, Piala Eropa U-21 yang pada saat ini berlangsung di Israel, membuat pemain inti dan muda seperti Daley Blind, Jordie Clasie, Kevin Strootman, Adam Maher, Leroy Fer, diprioritaskan ke timnas U-21," kata pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, melalui surat elektronik yang diterima Kompas.com, Kamis (6/6/2013). Alasan kedua, sebut Justin, adalah alasan cedera atau kurang ritme pertandingan. Klass-Jan Huntelaar, Nigel de Jong, Tim Krul, dan Rafael van der Vaart, menurut Justin, adalah pemain yang masuk kategori sengaja ditinggalkan Louis van Gaal karena alasan kedua tersebut.

Sementara alasan ketiga strategi Van Gaal, menurut Justin adalah eksperimen memunculkan empat pemain yang bakal menjalani debut di timnas Belanda. Mereka adalah Lerin Duarte (Heracles), Miguel Nelom (Feyenoord), Dwight Tiendalli (Swansea City), dan Jens Toornsta (FC Utrecht). Dia mengatakan komposisi pemain yang dibawa Van Gaal dalam lawatan ini pun mengundang kontroversi di Belanda.

Bukan Van Gaal kalau tak kontroversial...

"Mengapa Van Gaal membawa Pieters bukan Jetro Willems?" sebut Justin tentang contoh kontroversi yang merebak di Belanda soal lawatan ini. Erik Pieters nyaris setahun cedera di PSV dan tempatnya diisi oleh Jetro Willems yang menjadi bek kiri inti di timnas era Bert van Maarwijk.

Juga, lanjut Justin, dipertanyakan juga kenapa Van Gaal tidak membawa Alexander Buttner yang beberapa kali bermain di tim Inti Manchester United. Pemilihan Miguel Nelom pun menjadi tanda tanya. Nelom nyaris tidak pernah bermain di Feyenoord. Selain itu, keputusan Van Gaal membawa Cillessen sebagai kiper ketiga, dianggap sedikit aneh. Cilessen adalah cadangan abadi di Ajax.

"Namun, bukan Van Gaal namanya jika tidak ada kontroversi," kata Justin. Membawa pemain cadangan akan menjadi motivasi tertentu untuk meyakinkan Van Gaal agar peluang para pemain itu dibawa ke Piala Dunia 2014 tetap terbuka lebar.

Sementara bagi para pemain cadangan, susunan tim ini jelas menjadi sebuah motivasi besar jika diberikan peluang untuk bermain. Sebut saja Ricky van Wolfswinkel yang kembali terseleksi untuk pertama kali semenjak debut pada 2010.

Begitu juga dengan Ron Vlaar dan John Heitinga yang akhir-akhir ini selalu menjadi cadangan di timnas Belanda. Khusus bagi Daryl Janmaat, laga ini adalah peluang besar bagi bek kanan Feyenoord tersebut. Dia harus bersaing dengan Ricardo van Rhijn (Ajax) dan Gregory van der Wiel (Paris Saint-Germain).

Di lini tengah, tidak ada Van der Vaart, De Jong, Strootman, Clasie, Maher, dan Leroy Fer. Hanya Sneijder yang didukung oleh pemain baru seperti Jonathan de Guzman, Jens Toornstra, Lerin Duarte, dan Siem de Jong, pemain yang minim jam terbang internasional.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com