Saatnya Arsenal Raih Trofi

Kompas.com - 07/06/2013, 03:39 WIB
Editor

Duta klub sepak bola Inggris, Arsenal, Fredrik ”Freddie” Ljungberg mengunjungi Jakarta, 5-6 Juni. Ia bercerita tentang pengalaman memperkuat ”The Gunners” periode 1998-2007 dan pentingnya Arsenal meraih trofi musim depan. Berikut wawancara Kompas dengan Freddie, Kamis (6/6).

Ini kunjungan kedua kali Anda ke Indonesia. Bagaimana tanggapan Anda?

Fantastis. Saat berkunjung ke Bali beberapa tahun lalu, saya terpesona dengan keindahan alam dan keramahan orang-orangnya. Kini, di Jakarta, saya juga disambut dengan sangat bersahabat. Satu-satunya hal negatif mungkin hanya kemacetan lalu lintas.

Sebagai duta Arsenal, apa misi yang Anda bawa?

Saya bertugas menjangkau jutaan fans Arsenal dari seluruh dunia. Saya membantu klub agar lebih dekat dengan para suporter yang selama ini sulit bertemu idola mereka. Saya juga bertugas melihat sekolah sepak bola Arsenal yang tersebar di sejumlah negara. Ini pekerjaan yang menyenangkan karena saya berkesempatan untuk mengenal budaya negara lain.

Saat berkunjung ke Sekolah Sepak Bola Arsenal di Jakarta, bagaimana tanggapan Anda?

Semua berjalan dengan baik. Saya melihat fasilitas yang memadai dan anak-anak yang antusias dalam berlatih. Mereka harus dibina dengan benar agar kelak menjadi pemain hebat. Siapa tahu salah satu di antara mereka kelak bisa memperkuat Arsenal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, menurut Anda, pembinaan menjadi salah satu syarat agar sepak bola Indonesia maju dan berkembang?

Ya. Anda harus mengerti bahwa prestasi tidak bisa diraih secara instan. Lihat saja Barcelona. Mereka memetik hasil setelah rutin memberikan kesempatan pemain dari akademi untuk tampil di tim utama. Dengan fondasi pembinaan yang terstruktur, prestasi lambat laun akan datang. Anak-anak Indonesia punya potensi. Mereka hanya harus terus bekerja keras dan percaya suatu saat mimpi menjadi pemain profesional akan terwujud.

Bagaimana dengan pengalaman Anda bersama Arsenal?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.