Jangan Lihat David Lawan Goliath-nya

Kompas.com - 07/06/2013, 03:37 WIB
Editor

Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo mengingatkan, jangan melihat kalah-menang dalam laga persahabatan tim nasional sepak bola Indonesia melawan tim ”Oranye” Belanda.

Kalau melihat kalah-menangnya semata, jelas pertarungan yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (7/6), itu merupakan pertempuran David melawan Goliath yang secara teori hasilnya bisa jauh berbeda dari kisah sebenarnya.

Maklum, tim yang ditangani Louis van Gaal bukan hanya merupakan tim runner-up Piala Dunia. Belanda berisi pemain bintang yang bertebaran di semua liga papan atas, di Inggris Raya dan di daratan Eropa.

Apalagi, ”PSSI yang berdiri 19 April 1930 itu yang mendirikannya pun KNVB (asosiasi sepak bola Belanda). Jadi, memang kita perlu belajar banyak dari Belanda,” kata Roy, yang dua bulan lalu berkunjung ke markas KNVB serta beberapa klub papan atas Belanda.

Djohar Arifin, Ketua Umum PSSI, menyebutkan, PSSI akan dapat kesempatan untuk membahas banyak hal soal sepak bola dengan Bert van Oostveen, Direktur KNVB. ”Tentu semua yang diperoleh dalam pembahasan tersebut pasti akan membantu Indonesia dalam membangun sepak bola kita menjadi lebih baik,” katanya.

Bukan Merah Putih

Roy yang menyaksikan latihan tim nasional Indonesia di Stadion Utama, Kamis (6/6) petang hingga malam hari, mendapat informasi langsung dari Jacksen Tiago, pelatih timnas asal Brasil, yang didampingi Rudi Maswi, Manajer Timnas, bahwa Indonesia tidak akan menggunakan seragam utamanya, yakni Merah Putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, yang penting, kata Roy, bukan seragamnya. ”Melainkan bagaimana pemain kita dapat menimba pengalaman dari laga persahabatan nanti serta tetap dapat bermain sportif.”

Menpora menambahkan, ”Melalui media, saya juga mengimbau agar pencinta sepak bola Tanah Air hendaknya dapat menjadi penonton yang baik sehingga kita bisa memberikan kesan positif kepada dunia.”

Djohar menimpali, sekalipun hanya laga persahabatan, pertandingan Belanda versus Indonesia ini akan disaksikan oleh penonton mancanegara.

Satu hal yang tidak kalah penting, kata Jackson, ke-21 pemain timnas dan tim Oranye dapat kesempatan turun ke lapangan. Itu artinya kita bisa menyaksikan aksi semua ”bintang” Oranye. (NIC)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.