Kompas.com - 06/06/2013, 19:25 WIB
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, buka suara soal polemik dari keputusan tim nasional Indonesia yang tak bisa mengenakan seragam kebesarannya saat menjamu Belanda di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (7/6/2013).

"Ya, ini adalah justru bentuk penghormatan kita selaku tuan rumah yang baik. Kita memberikan kesempatan bagi tim Belanda menggunakan warna oranye," jelas Roy kepada Kompas.com, Kamis (6/6/2013).

Boaz Solossa dan kawan-kawan yang berstatus sebagai tuan rumah seharusnya mengenakan seragam utama, yaitu merah putih.

Namun, lantaran ada kesalahpahaman antara pihak promotor dan PSSI, hal itu membuat Indonesia harus bermain tanpa mengenakan seragam utamanya.

Roy berharap polemik ini tidak menjadi masalah besar. Sebab, menurutnya, yang paling penting timnas bisa bermain pada pertandingan nanti.

"Kebetulan warna oranye dan merah sangat berdekatan. Dikhawatirkan bisa "bias" bagi wasit dan hakim garis. Saya memahami hal itu. Tidak masalah timnas pakai putih-hijau yang penting di dada kita tetap merah putih dan Garuda Pancasila," tutur Roy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.