Kompas.com - 06/06/2013, 18:22 WIB
EditorAloysius Gonsaga

JAKARTA, KOMPAS.com — Arsenal sudah lama tak meraih gelar. Praktis, gelar terakhir yang diperoleh tim berjuluk "Meriam London" itu adalah trofi Piala FA pada 2005.

Terpuruknya prestasi Arsenal akibat klub asal London tersebut mengencangkan ikat pinggang dalam kebijakan transfer untuk membiayai pembangunan Stadion Emirates yang telah rampung sejak 2006. Pembangunan stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk ini menghabiskan dana 470 juta poundsterling.

"Dalam beberapa tahun belakangan, tim fokus terhadap pembangunan stadion baru. Namun, kegagalan musim lalu membuat tim terpacu untuk meraih gelar juara pada musim depan," kata Duta Arsenal Fredrik Ljungberg kepada Kompas.com di sela-sela acara temu fans "The Gunners" di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2013).

Kunjungan Ljungberg bertujuan untuk menyukseskan tur Arsenal ke Indonesia pada 14 Juli mendatang. Ljungberg berharap laga Arsenal melawan Indonesia Selection akan menjadi laga besar bagi kedua tim.

"Semoga fans yang hadir terpuaskan," ucap Ljungberg.

Dalam kunjungannya, mantan kapten asal Swedia ini menilai Indonesia sebagai negara yang gila terhadap sepak bola. "Sebelum ke sini, saya mengunjungi Vietnam. Saya melihat Indonesia sebagai negara yang gila bola. Indonesia memiliki potensi besar dalam sepak bola," ujarnya.

Selain memberikan keterangan kepada media, Ljungberg sempat unjuk kebolehan saat bermain street soccer melawan Jakmania (pendukung Persija Jakarta). Meski sudah berusia 36 tahun, Ljungberg masih piawai. Bahkan, dia mencetak dua gol yang membuat timnya menang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ljungberg menghabiskan karier selama sepuluh tahun bersama Arsenal pada periode 1998-2008. Dia sukses membawa Meriam London meraih dua gelar Premier League dan tiga Piala FA. Maka tak salah Ljungberg terpilih dalam sebelas pemain terbaik sepanjang masa klub dalam pemungutan suara di situs Arsenal.com.

Ljungberg bergabung bersama legenda The Gunners lainnya, seperti David Seaman, Pat Rice, Tony Adams, Sol Campbell, Ashley Cole, Robert Pires, Cesc Fabregas, Patrick Vieira, Dennis Bergkamp, dan Thierry Henry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.