Kompas.com - 04/06/2013, 22:33 WIB
EditorHery Prasetyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengaku senang anak asuhnya bisa meraih poin penuh saat berhadapan dengan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (4/6/2013). Menurutnya, salah satu faktor kemenangan Persipura justru karena strategi Persija sendiri yang menarik bomber andalan mereka, Emmanuel Kenmogne.

Sempat tertinggal 1-2 pada paruh pertama, Persipura berhasil berbalik unggul dan menang 3-2 atas Persija. Dua gol Persija dicetak Kenmogne pada menit ke-9 dan 45+1. Sementara tiga gol Persipura ditorehkan Zah Rahan (3), Ruben Sanadi (53), dan Ferinando Pahabol (87).

Kenmogne sendiri ditarik ke luar oleh tim pelatih Persija pada menit ke-82. Pemain asal Kamerun itu kemudian digantikan oleh Rudi Setiawan. Menurut Jacksen, pergantian tersebut justru menguntungkan timnya karena tekanan barisan belakang Persipura berkurang.

"Persija bermain bagus. Tapi, kami punya beberapa momentum untuk membalikkan keadaan di babak kedua. Persija sebenarnya layak menang, tetapi keluarnya Kenmogne menguntungkan kami karena dia cukup merepotkan," ujar Jacksen saat jumpa pers usai pertandingan di SUGBK, Jakarta, Selasa malam.

Berkat raihan tiga angka ini, Persipura semakin kokoh di puncak klasemen sementara ISL dengan poin 57, unggul sembilan poin dari Arema Indonesia di posisi kedua. Hasil ini juga semakin memperpanjang rekor tak terkalahkan Persipura hingga pertandingan ke-23.

"Sebenarnya kita tidak mempunyai target mempertahankan rekor karena kami tahu sewaktu-waktu rekor itu bisa berhenti. Target utama kita adalah juara. Rekor itu (tak terkalahkan) hanya proses kecil menuju juara," kata Jacksen.

Sementara asisten pelatih Persija, Blitz Tarigan, mengungkapkan, alasan tim pelatih menarik keluar Kenmogne karena ingin menjaga kondisi mantan pemain klub Divisi II Liga Belgia, Royal Antwerp, tersebut. Menurutnya, setelah melawan Persiwa Wamena pekan lalu, kondisi Kenmogne memang kurang fit.

"Kita harus menjaga jangan sampai dia (Kenmogne) kelelahan dan cedera. Kita khawatir dan kemudian kita tarik untuk melindungi dia," kata Blitz.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X