Klausul Pelepasan Neymar Mencapai Rp 2,3 Triliun

Kompas.com - 04/06/2013, 06:03 WIB
EditorAloysius Gonsaga

BARCELONA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta membeberkan harga transfer bintang belia Brasil, Neymar, yang baru saja diperkenalkan ke publik Camp Nou. Menurut Bartomeu, pemain berusia 21 tahun tersebut membuat Barcelona harus merogoh kocek sebesar 57 juta euro (Rp 718,2 miliar), sementara untuk klausul pelepasan (buy-out clause) di kontrak Neymar berjumlah 190 juta euro (Rp 2,3 triliun) yang akan berlaku selama lima tahun. Barcelona juga akan menjelaskan bahwa kesepakatan transfer ini tidak dibantu pihak ketiga atau agen.

Uang transfer Neymar akan dibagi antara Santos dan dua perusahaan, Teisa dan DIS, yang memiliki bagian dalam kepemilikan Neymar saat masih memperkuat klub Brasil tersebut serta sebuah badan konsultan olahraga. Namun, Bartomeu menolak rincian pembagian uang transfer tersebut dengan alasan kerahasiaan.

Ia pun membenarkan bahwa Barcelona dan Santos akan bertanding dalam dua pertandingan persahabatan dan akan menerima bagian yang sama dalam penjualan tiket.

Barcelona resmi mengumumkan transfer Neymar pekan lalu setelah sempat menjalani diskusi alot dengan Santos selaku pemilik lama pemain berusia 21 tahun tersebut. Selain Barcelona, sang pesaing, Real Madrid, juga turut meminati jasa Neymar. Namun, sang pemain rupanya memilih berlabuh ke Blaugrana dan telah secara resmi diperkenalkan di hadapan publik Camp Nou, Senin (3/6/2013) waktu setempat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X