Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klausul Pelepasan Neymar Mencapai Rp 2,3 Triliun

Kompas.com - 04/06/2013, 06:03 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta membeberkan harga transfer bintang belia Brasil, Neymar, yang baru saja diperkenalkan ke publik Camp Nou. Menurut Bartomeu, pemain berusia 21 tahun tersebut membuat Barcelona harus merogoh kocek sebesar 57 juta euro (Rp 718,2 miliar), sementara untuk klausul pelepasan (buy-out clause) di kontrak Neymar berjumlah 190 juta euro (Rp 2,3 triliun) yang akan berlaku selama lima tahun. Barcelona juga akan menjelaskan bahwa kesepakatan transfer ini tidak dibantu pihak ketiga atau agen.

Uang transfer Neymar akan dibagi antara Santos dan dua perusahaan, Teisa dan DIS, yang memiliki bagian dalam kepemilikan Neymar saat masih memperkuat klub Brasil tersebut serta sebuah badan konsultan olahraga. Namun, Bartomeu menolak rincian pembagian uang transfer tersebut dengan alasan kerahasiaan.

Ia pun membenarkan bahwa Barcelona dan Santos akan bertanding dalam dua pertandingan persahabatan dan akan menerima bagian yang sama dalam penjualan tiket.

Barcelona resmi mengumumkan transfer Neymar pekan lalu setelah sempat menjalani diskusi alot dengan Santos selaku pemilik lama pemain berusia 21 tahun tersebut. Selain Barcelona, sang pesaing, Real Madrid, juga turut meminati jasa Neymar. Namun, sang pemain rupanya memilih berlabuh ke Blaugrana dan telah secara resmi diperkenalkan di hadapan publik Camp Nou, Senin (3/6/2013) waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com