Kompas.com - 03/06/2013, 18:44 WIB
EditorHery Prasetyo

BARCELONA, KOMPAS.com — Selepas gagal mempersembahkan gelar bagi Real Madrid pada musim ini, Jose Mourinho dinilai akan kesulitan kembali merengkuh gelar dalam karier selanjutnya. Hal tersebut disampaikan oleh legenda Barcelona, Johan Cruyff, dalam kolom mingguan yang dtuliskannya di surat kabar Belanda, De Telegraaf.  

Pelatih asal Portugal itu memang memutuskan meninggalkan Madrid setelah tiga musim berada di Santiago Bernabeu. "Perpisahan" Mourinho terasa menyakitkan. Selain diwarnai ketidakharmonisan dengan pemain, ia gagal mempersembahkan gelar bagi El Real pada musim ini. Kegagalan itu menjadi noda hitam dalam karier Mourinho mengingat pelatih asal Portugal tersebut selalu berhasil meraih gelar pada setiap musim. 

"Mourinho menunjuk jarinya kepada setiap orang di sekelilingnya ketika ada hal yang salah. Bahkan kini, dia membuat orang saling berlawanan dengan orang lain di klub," tulis Cruyff.

"Dia memiliki dendam pribadi dengan mengorbankan ikon klub. Hal itu tidak bekerja dalam sepak bola karena itu merusak moral tim. Itu salah satu alasan mengapa Madrid gagal meraih kesuksesan dan saya tidak berpikir Mourinho akan meraih apa pun di masa depan," sambungnya.

Mourinho sendiri akhirnya memilih kembali membesut Chelsea dan akan mengumumkannya secara resmi pada akhir pekan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.