Rybolovlev Bangun "Kerajaan" di AS Monaco

Kompas.com - 03/06/2013, 05:07 WIB
EditorHery Prasetyo

MONACO, KOMPAS.com — Ambisi besar ditunjukkan pemilik AS Monaco, Dmitry Rybolovlev. Pengusaha asal Rusia itu berniat membangun sebuah kerajaan sepak bola di Eropa atau bahkan dunia.

Pintu transfer musim panas belum dibuka. Namun, Monaco sudah sibuk mencari pemain ke segala penjuru dunia demi mewujudkan impian Rybolovlev.

Sampai awal Juni 2013, empat rekrutan baru sudah bergabung ke Monaco. Tak tanggung-tanggung, untuk membeli tiga dari empat pemain baru itu, Monaco harus mengucurkan dana sekitar 130 juta euro atau setara Rp 1,65 triliun!

Bak membalikkan telapak tangan, Rybolovlev sukses membuat para rekrutan anyar tergoda bermain untuk klub yang berbasis di salah satu tempat terindah di Eropa. Selain Ricardo Carvalho yang kontraknya habis di Real Madrid, tiga rekrutan bernilai fantastis macam Radamel Falcao, Joao Moutinho, dan James Rodriguez rela menukar kesempatan tampil di Liga Champions hanya untuk bermain bersama Monaco.

Uang memang menjadi senjata utama Rybolovlev untuk membangun dinasti kuat sepak bola Monaco. Kehancuran finansial Monaco pada 2011 membuat pihak klub menerima tawaran Rybolovlev yang datang dengan dana segar untuk mengambil alih 66 persen saham klub.

Siapakah Rybolovlev?

Para pendukung Monaco mungkin tak habis pikir saat Rybolovlev berniat menguasai klub pada akhir 2011. Jejak rekam Rybolovlev mengatakan, tak satu pun pria berusia 47 tahun itu berurusan dengan sepak bola.

Rybolovlev tumbuh dan berkembang di salah satu kota kecil Rusia, Perm. Orangtuanya berprofesi sebagai dokter. Ia memulai usahanya di bidang kesahatan bersama sang ayah.

Seiring bisnis yang digeluti maju pesat, Rybolovlev sukses mengumpulkan pundi-pundi uang berlimpah. Ia membangun perusahaan medis di Rusia sampai sebuah bank di Siprus.

Jauh dari kata sepak bola, nama Rybolovlev semakin tenar setelah putrinya, Ekaterina Rybolovleva, membeli sebuah apartemen mewah seharga 88 juta dollar US (Rp 861 miliar) dan sebuah pulau di Yunani dengan harga mencapai 154 juta dollar AS (Rp 1,5 triliun).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X